Cara Sungkem yang Baik dan Benar

Cara Sungkem yang Baik dan Benar.Nggak terasa ya bro,bentar lagi kita bakal merayakan lebaran. Setelah satu bulan kita menahan hawa nafsu dan godaan(Bagi kamu yang puasa),tibalah hari kemenangan kita.Sejujurnya gue ngerasa seneng banget sedih karena bulan puasa sebentar lagi berakhir.


Okeh,hari lebaran identik dengan maaf-maafan. Salah satu kegiatan yang paling sakral yaitu sungkem. Kamu pasti tau apa itu sungkem,jadi nggak usah gue jelasin. Tapi masalahnya,apakah sungkem yang kamu lakukan benar? Nih gue kasih tau Cara Sungkem yang Baik dan Benar. Cekibrot

Pastikan target kamu manusia

Harus loh. Nggak boleh sungkem sama pohon beringin dan makhluk halus.

Jangan ditiru

 

Duduk bersimpuh dihadapan target


Tau duduk bersimpuh nggak? itu lo,posisi duduk waktu tasyahud awal. Posisi duduk ini yang paling sering digunakan,karena terkesan sopan. Tapi kalo kamu orangnya anti mainstream ,kamu bisa coba posisi bersila atau jongkok.

Duduk lebih rendah dari target


Misal mau sungkem sama nenek. Pastikan kamu dibawah/lantai,sedangkan si nenek duduk di kursi. Jangan sampe dua duanya duduk di lantai. Lo kira mau main bola bekel apa.

Ucapkan kata kata maaf


Yang ini bagian penting.Minta maaf sama si target. Kalo perlu,minta doa juga, dikerasin suaranya. Buat kamu yang orang jawa,gue kasih nih kata kata yang pendek dan mudah dihapal.
Ngaturaken sugeng riyadi, nyuwun agunging
pangapunten sedoyo kalepatan dumatheng (bapak/ibu dll....)
mugi kerso dipun pangapunten sedoyo dosa
kulo meniko
Kalo lo punya kalimat sungkem bahasa lain, silakan kasih tau di kolom komentar.

Cium tangan,lalu menangis


Nangisnya yang biasa aja ya.Kaya yang di sinetron itu.Pokoknya jangan terlalu lebay.Jangan sampe treak treak. Apalagi treak treak DEMI TUUUHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAN!. Itu lebay

Okeh,cukup segini tutorial dari gue. Semoga berhasil sungkemnya. Sekian dan selamat menikmati kupat lebaran

cara sungkem bahasa jawa, kalimat untuk sungkem, gimana sih cara sungkem, ucapan maaf lebaran, cara minta maaf saat lebaran sungkem, cara duduk saat sungkem 


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Cara Sungkem yang Baik dan Benar
Description : Cara Sungkem yang Baik dan Benar.Nggak terasa ya bro,bentar lagi kita bakal merayakan lebaran. Set...

1 Response to "Cara Sungkem yang Baik dan Benar"

  1. Ngaturaken sembah pangabekti kawulo Sepinten kalepatan kulo ingkang mboten angsal idining sarak, dalem nyuwun pangapunten. Mugi lineburo ing dinten riyaya punika.

    ReplyDelete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.