Saturday 5 July 2014

Cara Mengatasi Komputer yang Lelet/Lemot

cara mengatasi komputer yang lamban. Komputer yang lelet adalah problem yang sering dialami para pengguna komputer didunia. Komputer/Laptop yang lelet kadang membuat kita kesal dan tidak sabaran. Lambannya komputer dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu banyak program yang terinstall, terkena virus, atau spesifikasi komputer berada dibawah spesifikasi yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi.Selain itu, file temp yang terlalu besar dan kerusakan pada komponen komputer juga menyebabkan komputer menjadi lamban.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Bagaimana cara mempercepat komputer yang lama ? Cara cara dibawah ini bisa dicoba

1. Uninstall aplikasi/program yang tidak begitu penting

Ada baiknya anda memeriksa program apa saja yang terpasang di komputer anda. Untuk mengecek program apa saja yang sudah terinstall, silahkan klik menu start - control panel - Programs - Uninstall a Program . Banyaknya program yang diinstall akan membuat komputer anda menjadi lebih lamban.

 

2. Install Aplikasi/Games yang sesuai dengan spesifikasi komputer anda

Games dan aplikasi pastinya mempunyai standar spesifikasi. Jika anda menginstall game atau aplikasi yang melebihi spesifikasi komputer anda, komputer anda bisa menjadi lamban. Karena itu biasakanlah untuk melihat standar spesifikasi program yang akan anda install sebelum menginstallnya pada komputer anda.
Jika komputer anda sudah bisa bekerja mulus tetapi pada saat bermain game komputer anda terasa sangat berat danlambat, itu berarti game yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game tersebut agar anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer anda. - See more at: http://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2013/05/penyebab-dan-cara-mengatasi-komputer.html#sthash.XuSz2vkH.dpuf

3. Lakukan Defragment dan Disk Cleaner

Ini bertujuan untuk mengatur kembali file sistem di komputer dan menyingkirkan sistem file yang tidak terpakai. Disk Cleaner dan Disk Defragment akan mengatur file yang ada dalam hardisk supaya stabil. Cara melakukannya sebagai berikut

+Defragment
Klik menu Start - All Programs - Accessories - System Tool - Disk Defragment

+Cleaner
Klik menu Start - All Programs - Accessories - System Tool - Disk CleanUp

4. Gunakan Antivirus Terpercaya

Antivirus wajib diinstall di komputer anda, karena antivirus akan mencegah dan mengamankan komputer dari ancaman virus. Beberapa virus kadang membuat komputer anda menjadi lamban, karena itu gunakanlah antivirus yang terpercaya, contohnya Avast dan Bitdefender.

 

5. Kurangi proses pada komputer

Membuka lebih dari satu program sekaligus atau multitasking akan membuat komputer menjadi lambat. Karena itu kurangilah program yang tidak terpakai. Caranya, tekan tombol Ctrl + Alt + Delete, pilih Task Manager dan klik Applications. Pilih program yang ingin ditutup/dihentikan lalu klik End Task.


6. Gunakan Baidu PC Faster

Baidu PC Faster adalah aplikasi yang berfungsi mempercepat kinerja komputer. Aplikasi ini akan  membersihkan file file sampah dan registry dalam komputer hanya dengan sekali klik. Admin sudah mencoba aplikasi ini dan hasilnya cukup memuaskan. Anda bisa mendownload Baidu PC Faster secara gratis disini.

7. Ganti/Perbaiki komponen yang rusak

Bila cara cara diatas tidak berhasil, mungkin saja ada komponen komputer anda yang mengalami kerusakan. Misalnya hardisk yang bad sector. Anda bisa mengeceknya sendiri atau membawanya ke tukang service terdekat. Jika tidak, anda bisa membeli komponen yang baru.


Nah, itu dia cara membuat komputer cepat dan tidak lelet. Semoga berguna bagi anda

cara agar PC tidak lelet, bagaimana biar komputer laptop netbook notebook tidak lamban, cara mengatasi komputer yang lola, kenapa komputer lambat

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon