Saturday 27 September 2014

Cara Mencegah Virus Komputer

Cara Mencegah virus pada laptop/komputer. Virus memang menjadi masalah yang tidak bisa dianggap remeh. Virus komputer adalah bahasa permrograman yang berusaha memberi atau merubah perintah normal pada sistem komputer kita agar tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga hal hal aneh terkadang bisa terjadi. Misalnya komputer menjadi sering macet, aplikasi error, membuat folder folder baru, mati dalam sekejap, bahkan ada yang bisa mengunci data data di laptop.
 
 cara mencegah virus komputer 

Virus bisa menyerang siapa saja, tidak pedulu itu newbie atau seorang master. Karena itulah banyak orang di internet yang mencari bagaimana cara agar komputer/laptop aman dari virus, cara agar komputer kebal dari virus, cara mencegah masuknya virus ke komputer, cara mencegah serangan virus komputer dan keyword lainnya.

Jadi sebelum virus menyerang komputer sobat, sebaiknya pastikan langkah langkah dibawah ini sudah dilakukan

1. Gunakan Antivirus yang handal

Virus zaman sekarang sangatlah bermacam macam, bahaya yang ditimbulkan juga besar. Pastikan di laptop anda terinstall antivirus yang handal. Sebenarnya Smadav lumayan baik, tapi antivirus Smadav belum bisa menangani virus seperti virus Ramnit. Karena itu jika ingin lebih aman saya sarankan sobat menggunakan antivirus Avast.

2. Selalu Update Antivirus

Virus selalu berkembang dari waktu ke waktu. Antivirus yang sobat miliki sekarang belum tentu bisa mengatasi virus virus baru atau virus yang telah berkembang. Karena itu, jika antivirus anda meminta untuk diupdate maka update segera untuk menghindari virus virus baru.

3. Lakukan Scanning secara rutin

Lakukan scanning sesering mungkin. Terutama jika ada flashdisk yang masuk ke komputer/laptop sobat. Hal ini dikarenakan kebanyakan infeksi virus bermula dari flashdisk. Juga pastikan flashdisk yang masuk  tidak berisi file autorun.inf . Jika ada maka hapus segera.

4. Jangan Sembarangan Mendownload file/attachment

Jangan sembarangan mendownload file/attachment. Pastikan file yang akan sobat download sudah discan oleh penyedia download atau memiliki stempel bebas virus. Jangan pernah mendownload file yang mencurigakan dan tidak jelas asal muasalnya.


Nah, itu dia cara mencegah virus masuk ke komputer atau laptop sobat. Jika langkah langkah diatas dilakukan, insyaallah komputer sobat aman dari virus

1 komentar so far

cara hilangkan virus malware gimana gan? lagi sakit nih laptop :v

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon