Contoh Laporan Prakerin Akuntansi di Tamzis Baituttamwil

Contoh Laporan Prakerin Akuntansi / PKL SMK di Tamzis Baituttamwil. Prakerin adalah bagian dari kurikulum SMK dimana siswa melakukan praktek kerja secara nyata di instansi/industri. Setelah prakerin, siswa diwajibkan untuk membuat laporan prakerin. Dulu saya pernah membagikan contoh laporan pkl prakerin akuntansi administrasi perkantoran. Sekarang saya akan membagikan lagi contoh laporan prakerin akuntansi di Tamzis Baittutamwil Kroya.


Contoh laporan pkl akuntansi ini saya sediakan dalam bentuk file microsoft word. Sobat bisa mendownloadnya dengan mengeklik tombol download dibawah. Jika sobat tidak ingin mendownload, sudah saya sediakan laporan prakerin yang dicopy langsung dari microsoft word. Namun karena hasil copyan kurang rapi, saya sarankan sobat untuk download saja dengan mengeklik tombol download dibawah. Sekali klik langsung download, tanpa ribet..

Download Contoh Laporan Prakerin Akuntansi di Tamzis Baituttamwil

Download Contoh Laporan Prakerin Akuntansi di Tamzis Baituttamwil



PERHATIAN !
Laporan prakerin yang yang akan sobat lihat dibawah ini tidaklah lengkap (tidak saya masukkan semuanya) dikarenakan nanti artikelnya akan panjang. 

KATA PENGANTAR
    Segala puja  dan  puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat melaksanakan prakerin dan juga dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.
    Laporan prakerin ini kami susun berdasarkan pengalaman dan data-data yang kami peroleh selama melaksanakan prakerin ini di Tamzis Baituttamwil Kroya. Laporan ini di susun sedemikian rupa dengan tujuan dapat diterima dan dipahami oleh pembimbing serta dapat dipakai sebagai usulan adik-adik kelas yang nantinya juga akan melaksanakan prakerin dan menyusun laporan.
    Kami menyadari bahwa hal tersebut terlaksana berkat bantuan berbagai pihak,baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. Dani Priya Widada, selaku kepala SMK Negeri 1 Banyumas
2. Bapak Wahab S.Y, MAC selaku pembimbing instansi
3. Ibu Lilies Muldiarti Spd, selaku pembimbing sekolah
4. Bapak dan ibu guru SMK Negeri 1 Banyumas yang telah memberikan bimbingan selama pelaksanaan prakerin
5. Staf karyawan Tamzis Baituttamwil Kroya
6. Ayah dan Ibu selaku orangtua yang mendukung kami
7. Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan prakerin ini
    Kami juga menyadari bahwa laporan masih jauh dari sempurna walaupun kami telah berusaha dengan semaksimal mungkin dan daya upaya yang ada pada kami.
    Semoga laporan prakerin ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak, penyusun pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

Banyumas, Maret 2014   

           
                            PENYUSUN




DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL        i
HALAMAN PENGESAHAN        ii
HALAMAN MOTTO        iv
HALAMAN PERSEMBAHAN        v
KATA PENGANTAR        vi
DAFTAR ISI        vii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang Prakerin        1
B. Tujuan Prakerin        2
C. Pembatasan topik laporan        2
BAB II PELAKSANAAN PRAKERIN
A. Waktu dan tempat prakerin        5
B. Jenis pekerjaan yang dilakukan        5
C. Hasil yang dicapai        6
BAB III TEMUAN
A. Faktor pendukung dan faktor penghambat        7
B. Manfaat yang diperoleh/dirasakan        7
C. Pengembangan di masyarakat        8
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan        9
B. Kesan        9
C. Saran        10
LAMPIRAN – LAMPIRAN        11

BAB 1
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Praktek Kerja Industri
    Untuk dapat berkiprah dalam peraturan persaingan global, Indonesia memerlukan keunggulan. Faktor utama yang menentukan keunggulan adalah tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), agar dapat menghasilkan produk maupun jasa yang layak untuk diunggulkan pada persaingan global, baik masa kini maupun masa yang akan datang.
    Artinya, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian profesional. Tenaga kerja yang terlibat dalam proses produksi akan menentukan mutu, biaya produksi, efisiensi waktu dan penampilan akhir produk industri barang maupun jasa yang menjadi faktor penentu kemampuan bersaing.
    Sejalan dengan kondisi tersebut, GBHN 1993 telah memberikan arah yang jelas tentang misi pembangunan Indonesia dalam menghadapi perkembangan masa mendatang, yakni menitikberatkan pembangunan jangkapanjang II dan pelita IV pada pembangunan ekonomi seiring dengan perkembangan sumber daya manusia (SDM).
    Pendidikan sebagai pranata utama pembangunan sumber daya manusia (SDM) harus secara jelas berperan membentuk peserta didik menjadi asset bangsa, yaitu SDM dengan keahlian profesional yang dimiliki dapat menjadi  produktif dan berpenghasilan serta mampu menciptakan roduk – produk unggul industri Indonesia ini yang siap menghadapi persaingan di pasar modal.
    Keahlian profesional yang harus dikuasai pada dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Unsur ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari di sekolah, sedangkan unsur kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan, tetapi dapat dikuasai melalui proses pembiasaan penentuan kadar keprofesionalan seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri, karena itulah tumbuh suatu ukuran keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja.
    Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan keahlian dan kejurusan yang memadukan secara singkat program pendidikan disekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja secara langsung didunia kerja yang terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu.
    Dalam pengertian tersebut, tersirat ada 2 pihak, yaitu lembaga pendidikan pelatihan dan lapangan kerja yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan. Kedua belah pihak harus secara sungguh – sungguh terlibat dan bertanggung jawab mulai tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai tahap penilaian dan penentuan kelulusan peserta didik,  serta upaya pemasaran tamatanya.

B. TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
        Penyelenggaraan praktek kerja industri ini, bertujuan untuk :
1. Meningkatkan, memperluas dan menerapkan keterampilan yang diperlukan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan program studi yang dipilihnya.
2. Menumbuhkembangkan dan menetapkan sikap professional yang diperlukan siswa untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan bidangnya.
3. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek – aspek usaha yang potensial dalam kerja, antara lain struktur orgaisasi dan asosiasi usaha.
4. Memberikan kesempatan pada siswa untuk memasyarakatkan diri dari suasana lingkungan kerja yang sebenarnya, baik sebagai pekerja mandiri terutama yang berkenaan dengan disiplin kerja.
5. Memperbaiki peluang masuk penempatan tamatan dan masa kerja.
6. Memperoleh masukan (umpan balik) guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian kependidikan kejuruan

C. PEMBATASAN TOPIK LAPORAN
1. Sejarah singkat  TAMZIS BAITUTTAMWIL KROYA
SEKILAS PERJALANAN
   KJKS Baituttamwil TAMZIS dibentuk oleh sekelompok anak muda terdidik pada tahun 1992 di kecamatan Kertek Wonosobo Jawa Tengah. Modal yang kecil, pengalaman yang minim serta letak geografis yang relatif berada bukan di sentra kegiatan ekonomi tidak menyurutkan tekad anak-anak muda ini untuk membangun perekonomian yang lebih adil sesuai syariah. Pada tanggal 14 November 1994, KJKS TAMZIS mendapat status badan hukum dengan nomor 12277/B.H/VI/XI/1994 dari Departemen Koperasi.
    Berkat ketekunan, keyakinan dan kemampuannya berkomunikasi dengan masyarakat dan berbagai pihak, TAMZIS kini memiliki lebih dari dua puluh ribu anggota. Pelayanan kepada masyarakat yang semula hanya di garasi pengurusnya kini telah memiliki kantor pusat yang representatif dengan beberapa kantor cabang dan kantor pembantu. Pada tahun 2003 dengan prestasi dan kinerja yang terus meningkat, TAMZIS mendapat izin dari Departemen Koperasi Republik Indonesia untuk membangun cabang di berbagai kota di Indonesia. Selain di Wonosobo, TAMZIS saat ini memiliki kantor di Jakarta, Yogyakarta, Klaten, Banjarnegara, Purwokerto, Temanggung, Magelang dan akan terus mengembangkan diri ke kota-kota lain.

IDENTITAS PERUSAHAAN
Nama Lembaga  : Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baituttamwil TAMZIS
Motto                          : “Happy Life, Happy Syariah”
Berdiri                         : 22 Juli 1992
Badan Hukum             : 12277/B.H/XI/1994 14 November 1994
NPWP                         : 1.606.549.2-524
No. Telp.                     : 0286-325303
Fax                              : 0286-325064
e-mail                          : info@tamzis.co.id / tmzpusat@gmail.com
website                        : http://www.tamzis.com


2. Visi  dan Misi
Visi:
”Menjadi lembaga keuangan mikro syariah utama, terbaik dan terpercaya”
Misi:
- Membantu dan memudahkan masyarakat mengembangkan kegiatan ekonomi produktifnya.
- Mendidik masyarakat untuk jujur, bertanggungjawab, profesional dan bermartabat.
- Menjaga kesucian ummat dari praktek riba yang menindas dan dilarang agama.
- Membangun dan mengembangkan sistem ekonomi yang adil, sehat dan sesuai syariah
- .Menciptakan sistem kerja yang efisien dan inovatif


BAB II
PELAKSANAAN PRAKERIN


A. Waktu Dan Tempat Prakerin
1. Waktu Pelaksanaan
      Pelaksanaan Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) untuk Program Keahlian Akuntansi pada tahun 2014 dilaksanakan mulai tanggal 13 Januari 2014 sammpai dengan 15 Maret 2014, sesuai dengan tempat yang telah ditrntukan.
   Dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) di TAMZIS BAITUTTAMWIL KROYA yang beralamatkan  Jalan A. Yani No.12 Kedaung  Kroya Cilacap Telp. 0282 494131. Fax. 0282 494131 menggunakan system  6 (enam) hari kerja yaitu sebagai berikut :
a. Hari Senin-Kamis dimulai pukul 08.00-16.00 WIB.
b. Hari jum’at dimulai pukul 08.00-15.30 WIB.
c. Hari sabtu dimulai pukul 08.00-15.00 WIB.

2. Tempat Pelaksanaan
    Kegiatan Prakerin ini dilaksanakan di TAMZIS BAITUTTAMWIL KROYA  yang beralamatkan  Jalan A. Yani No.12 Kedaung  Kroya Cilacap Telp. 0282 494131. Fax. 0282 494131

B. Jenis Pekerjaan Yang Dilakukan
    Selama pelaksanaan prakerin di TAMZIS BAITUTTAMWIL KROYA tanggal 13 Januari 2014 sampai 15 Maret 2014, jenis pekerjaan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Mengelem slip-slip laporan Kas Harian
2. Menata dan menghitung uang kertas dan logam
3. Mengisi buku harian Kas
4. Merapikan buku agunan BPKB, Sertifikat Tanah, Kartu Emas dan Los Pasar
5. Mengetik SKMHT
6. Mencarikan berkas pembiayaan milik anggota
7. Merapikan berkas Pembiayaan Mudharobhah
8. Menginput transaksi simpanan
9. Mengcoppy file pada komputer
10. Mengikuti marketing untuk melaksanakan jemput bola di Pasar
11. Mengisi kartu Kas Harian
12. Memfoto copy
13. Menulis pengajuan penghapusan pembiayaan karena meninggal dan kebakaran Pasar
14. Mencari rekap Laporan Harian Kas
15. Mengurutkan bekas berdasarkan abjad

C.Hasil Yang Dicapai
   Prakerin yang dilaksanakan tanggal 13 Januari 2014 sampai dengan 15 Maret 2014 dapat menjadi bekal kami selanjutnya.
   Diantara hasil-hasil pelaksanaan Prakerin antara lain adalah hasil yang kita peroleh berupa pengalaman dalam dunia usaha, baik perusahaan, industri maupun instansi lain. Dalam kegiatan Prakerin ini kami juga banyak memperoleh ilmu pengetahuan tentang dunia usaha terutama dalam proses pelayanan kepada masyarakat dan dapat merasakan bagaimana suasana dalam bekerja yang sesungguhnya. Sebab kita dapat mengetahui bagaimana sikap dan perilaku yang baik dalam bekerja.
   Selain hasil tersebut kammi juga memperoleh pengetahuan tentang berbagai macam bentuk kegiatan yang dilakukan di tempat Prakerin seperti melayani anggota, mengisi bukti-bukti transaksi, mengisi buku kas harian dan lain-lain. Juga berbagai macam peralatan yang digunakan dalam proses pelaksanaannya.
   Dari hasil tersebut kami telah banyak memperoleh pengetahuan yang tidak kami peroleh di sekolah. Pengalaman yang telah kami dapatkan akan kami gunakan sebagai bekal tentang apa yang harus kita lakukan selanjutnya.
  
  
  
  


BAB III
TEMUAN

A. Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat
1. Faktor Pendukung
    Dalam proses pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini mempunyai faktor pendukung yang dapat mendorong semangat kerja dan mental kami dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat.Faktor-faktor pendukung tersebut antara lain :
   a. Kerjasama antar anggota kelompok
   b. Adanya komunikasi yang baik antar anggota kelompok dengan         pembimbing
   c. Keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik
   d. Keinginan untuk memperoleh hasil yang baik
   e. Kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki siswa
   f. Keberanian dalam menghadapi suatu persoalan atau masalah
   g. Kegiatan yang dilakukan mudah dipahami
   h. Masyarakat umum mendukung hasil kerja kami

2. Faktor Penghambat
        Disamping faktor pendukung juga terdapat faktor penghambat antara lain yaitu :
a. Kurangnya pekerjaan yang diberikan
b. Waktu prakerin amat singkat

B. Manfaat yang diperoleh
1. Manfaat bagi sekolah :
a. Tujuan pendidikan untuk mendapat keahlian proffesional lebih mudah dicapai
b. Dapat menyesuaikan program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja

2. Manfaat bagi siswa :
a. Dapat mengetahui tata cara melayani Nasabah dengan baik dan sopan
b. Dapat mengetahui cara meminjam uang dan menabung di TAMZIS BAITUTTAMWIL
c. Dapat mengerti tentang prosedur kredit dan prosedur tabungan
d. Kemampuan dan keahlian yang diperoleh selama magang memperbesar percaya diri saya
e. Setelah tamat tidak memerlikan waktu tambahan yang terlalu lama untuk menyesuaikan diri maupun untuk mencapai tingkat keahlian siap kerja
f. Dapat mengetahui dunia kerja yang sebenarnya

3. Manfaat bagi Instansi
a. Dapat memilih peserta Prakerin baik jumlah, kemampuan, penampilan dan waktu yang dianggap menguntungkan
b. Dapat mengenal persis kualitas siswa yang berlatih di instansi
c. Dapat berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan pada khususnya dan pengembangan bangsa pada umumnya

C. Pengembangan Di Masyarakat
    Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) merupakan bagian dari suatu kegiatan yang penting bagi sekolah menengah kejuruan ( SMK ) karena siswa secara langsung dapat mengetahui dan memperoleh pengetahuan tentang dunia kerja yang sangat diperlukan. Berbagai kegiatan yang dilakukan merupakan wujud contoh nyata dari dunia kerja yang menuntut ketrampilan dan proffesional pegawai. Contoh nyata dari Prakerin yang dikembangkan di masyarakat adalah tentang informasi yang perlu diketahui dan di pahami sehingga semua pihak dapat memperoleh keuntungan.


BAB IV
PENUTUP

Atas berkat rahmat Alloh Yang Maha Esa dan atas kerja sama serta kerja keras dari kami, maka selesailah penyusunan laporan Prakrerin ( Praktek Kerja Industri ) ini.
       Dalam penyusunan laporan ini kami mendapat bimbingan dan pengarahan dari pembimbing, bapak dan ibu guru, serta rekan-rekan siswa SMK Negeri 1 Banyumas. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih semoga amal perbuatanya mendapat ridho dari Alloh SWT.

A. Kesimpulan
  Berdasarkan hasil uraian kegiatan Prakerin yang kami laksanakan mulai 15 Januari 2014 sampai dengan 15 Maret 2014 di TAMZIS BAITUTTAMWIL KROYA, kami mengambil kesimpulan sebagai berikut  :
1. Perencanaan yang matang dapat mendukung Prakerin ini berjalan dengan baik dan lancar.
2. Sistem pengorganisasian berhasil dilaksanakan, dimana setiap anggota bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3. Pengawasan yang dilakukan sehingga hasil yang dicapai berhasil guna dan berdaya guna.
4. Kerjasama antar anggota dapat mendukung pelaksanaan kegiatan berjalan dengan  baik.
5. Fungsi krdisiplinan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang dihaapkan.
6. Kemampuan dan ketrampilan yang mendukung terlaksananya prakerin berjalan dengan baik dan lancar.

B. Kesan
        Kesan yang kami dapatkan selama pelaksanaan Prakerin di TAMZIS BAITUTTAMWIL KROYA antara lain :
1. Kami merasakan suasana kerja yang akrab dan bekerjasama yang baik antar karyawan dan nasabah.
2. Kami terkesan dengan kejujuran, ketelitian dan kedisiplinan pegawai dalam melaksanakan tugas.
3. Fasilitas yang tersedia sangat mendukung kelancaran dalam bekerja.
4. Karyawan TAMZIS BAITUTTAMWIL KROYA sangat ramah dan sopan.

C.Saran – Saran
1. Saran untuk sekolah
a. Tingkatkan jiwa semangat dan mandiri dalam berusaha.
b. Tingkatkan bakat dan keahlian yang ada.
c. Berusaha agar tidak mudah putus asa dalam menghadapi segala persoalan atau masalah.
d. Jadikan Prakerin sebagai ajang penerapan ilmu yang telah diperoleh di sekolah.
e. Meningkatkan daya pikir dan mental siswa, pihak sekolah harus senantiasa memberikan dorongan dalam melaksanakan Prakerin.
2. Saran untuk tempat Prakerin.
a. Tingkatkan pelayanan yang memuaskan bagi nasabah.
b. Hubungan kerjasama antar karyawan harus dijaga dan dipertahankan serta ditingkatkan.
c. Tingkatkan terus kedisiplinan serta kerjasama antar pegawai.


****

contoh laporan psg akuntansi tamzis, contoh laporan pkl akuntansi tamzis, contoh laporan prakerin smk negeri 1 banyumas 2013 2014 2015



Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Contoh Laporan Prakerin Akuntansi di Tamzis Baituttamwil
Description : Contoh Laporan Prakerin Akuntansi / PKL SMK di Tamzis Baituttamwil. Prakerin adalah bagian dari kur...

1 Response to "Contoh Laporan Prakerin Akuntansi di Tamzis Baituttamwil"

  1. Informasi yang sangat bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami Tempat Magang SMK

    ReplyDelete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.