Memasang Iklan dekat Menu Dropdown ternyata Melanggar Kebijakan Google Adsense

Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click). Dimana kita akan dibayar bila iklan yang kita pasang diklik oleh orang lain. Jika sobat masih awam tentang hal ini silakan baca Macam Macam bisnis online di internet

Google Adsense memiliki beberapa kebijakan yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Jika dilanggar maka google tidak akan segan untuk mem-banned akun kita. Kebijakan yang paling jelas diantaranya: dilarang mengeklik iklan sendiri, dilarang memasang lebih dari 3 iklan per halaman, dilarang menempatkan iklan dengan posisi mengambang, dan lain lainnya.

Tapi terkadang ada beberapa publisher di google adsense yang terlalu malas untuk mengecek  kebijakan Google Adsense, termasuk saya. Ketika saya mengeceknya baru baru ini, saya menemukan satu aturan yang ternyata selama ini saya langgar. Aturan apa itu ? coba sobat buka dulu Kebijakan Penempatan Iklan. Disana sobat akan melihat gambar seperti ini

menu dropdown melanggar google adsense

Lihat ? gambar diatas adalah contoh dari penempatan iklan yang melanggar adsense. Kenapa melanggar ? karena iklannya bertabrakan dengan navigasi dropdown. Sehingga ada kemungkinan pengunjung mau mengeklik menu "MEATS" malah mengeklik iklan adsense. Kejadian ini dinamakan "klik yang tidak disengaja". 

Saya langsung kaget ketika mengetahui bahwa penempatan iklan seperti itu melanggar kebijakan adsense. Karena blog saya juga menempatkan iklan dengan posisi seperti itu, leaderboard di bagian atas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

penempatan iklan yang melanggar google adsense

Mirip kan? Setelah saya tau kalau itu melanggar, saya langsung mengganti menu dropdown-nya agar tidak bertabrakan dengan iklan. Hasilnya bisa sobat lihat di blog saya sekarang ini. Untung saja blog saya belum "disentil" oleh Google Adsense. 

Apakah ada sobat yang menempatkan iklan sama seperti saya ? Kalau iya saya sarankan segera diperbaiki tampilannya, atau diganti penempatan iklannya. Daripada nanti ditendang sama google, kan repot.

Oke, cukup sekian, semoga bermanfaat !

Catatan
Artikel ini dibuat oleh Faiz Agil Wirawan, seorang pemula yang belum lama berkecimpung di dunia Google Adsense. Tidak bermaksud menggurui sobat semua, toh pengetahuan saya tentang adsense masih rendah. Jika sobat merasa artikel ini salah, mohon beritahu saya.


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Memasang Iklan dekat Menu Dropdown ternyata Melanggar Kebijakan Google Adsense
Description : Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click). Dimana kita akan dibayar bila iklan y...

6 Responses to "Memasang Iklan dekat Menu Dropdown ternyata Melanggar Kebijakan Google Adsense"

  1. trik yang ketahuan google,bila agak melenceng biar iklannya yg terklik

    ReplyDelete
  2. Lah, dasarnya dari kebijakan sebelah mana gan??? Ane nyari blm ketemu???
    #belum nyari sih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah itu udah ada mas di postingannya. coba dibaca ulang postingan saya :D

      Delete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.