Ganti Domain atau tidak ? Keuntungan dan Kerugian ganti domain

Ganti Domain atau tidak ? Kelebihan dan kelemahan ganti domain. Mungkin banyak sobat yang bimbang apakah mau ganti domain atau tidak. Hal ini juga terjadi dengan saya. Saya juga bingung, haruskah saya mengganti domain blog saya burung-net.blogspot.com menjadi domain TLD, ataukah tidak usah ?

ganti domain atau tidak
Blog burung-net sendiri telah berdiri sejak April 2013, dengan postingan pertama berjudul Mywapblog, ngeblog dengan mudah lewat handphone. Jika dihitung, blog ini sudah berusia 1 tahun 8 bulan. Jika diibaratkan bayi, maka blog ini sudah bisa berdiri dan sedang asyik asyiknya berkenalan dengan dunia.

Blog saya ini juga memiliki posisi yang agak bagus di google. Setidaknya saya punya 4 keyword yang menduduki peringkat atas dan beberapa keyword lain sehingga blog saya tetap mendapat visitor walaupun tidak update postingan. Saat ini blog ini bertengger di posisi 670.000 di alexa rank.

Loh, kok malah jadi pamer ya ? bukan, saya nggak pamer sob. Saya masih blogger intermediate, belum menjadi master. Lha trus kenapa nunjukin alexa & google ? alasannya, karena inilah yang membuat saya bimbang apakah harus ganti domain atau tidak.

Ganti domain memang ada pro-kontranya. Ada kelebihan, ada juga kekurangannya. Hal yang saya takutkan adalah kekurangannya. Emang kerugian ganti domain itu apa aja ? ini dia sob..

Kerugian Ganti Domain

#1 Alexa rank dan pagerank kembali nol

Blog saya yang bisa dikatakan sudah bisa berdiri dan sedang asyik asyiknya mengeksplorasi dunia, bila ganti domain maka seakan kembali lagi seperti bayi yang baru lahir. Alexa rank dan pagerank kembali ke poin awal, yaitu nol atau no rank. Kalau pagerank sih tidak masalah karena blog saya masih belum mempunyai pagerank. Tapi lain halnya dengan alexa rank, rasanya sayang sekali jika posisi 670.000 yang telah saya dapat kembali menjadi 0 atau no rank.

#2 Posisi di Google terombang ambing

Jika ganti domain, posisi blog saya di google akan terombang ambing. Misalnya saat ini saya bisa peringkat 1 dalam kata kunci "fungsi microsoft access" , setelah ganti domain belum tentu saya akan tetap menjadi peringkat pertama. Hal ini sangat saya takutkan, karena seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, saya mempunyai 4 keyword yang menjadi andalan blog saya. Jika 4 keyword itu posisinya menurun, tentu saja visitor blog saya juga akan menurun.

Sebenernya posisinya nanti akan kembali lagi setelah beberapa waktu. Tapi saya masih saja takut sebab saya pernah baca di internet ada yang sudah ganti domain tapi visitornya tak kunjung kembali. Malang memang.

#3 Harus bayar

Domain itu bayar yah ? (herp mode on). Domain emang ada yang gratis, misalnya domain .tk , .co.nr dan lain lainnya, tapi domain yang saya sebutkan tadi bukanlah domain yang baik. Domain yang baik adalah domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net. .id dan lain sebagainya. Domain yang akan saya incar adalah .com. Harganya bervariasi tergantung penyedia yang dipilih. Saya pernah mengecek ada yang 120ribu setahun, ada juga yang 90ribu pertahun. 

keuntungan kerugian ganti domain

Kalau harga menurut saya tidak masalah, karena saya bisa menebusnya dengan pendapatan dari Google Adsense (Insyaallah setahun bisa payout). Tapi bagi sobat yang menjadikan blog bukan untuk mencari uang, ya lebih baik dipikirkan terlebih dahulu mau ganti domain atau tidaknya.

Sebenarnya masih banyak kerugian yang lain, sisanya bisa sobat cari di google. Soalnya saya hanya mengambil poin poin pentingnya saja. Nah selain kerugian , ganti domain juga memiliki keuntungan, ini dia keuntungannya

Keuntungan Ganti Domain

#1 Lebih Keren

Ganti domain bisa bikin keren ? ya iyalah. Jika dibandingkan dengan subdomain bawaan seperti blogspot.com, domain TLD pastinya lebih keren dan terlihat profesional. Domain TLD juga lebih mudah diingat. Pokoknya keren deh kalo pake domain TLD.

#2 Bisa mengalahkan blog lain di Google

Yang saya dengar, blog dengan domain TLD bisa mudah mengalahkan blog dengan domain biasa di google. Katanya sih, soalnya saya sendiri belum pernah coba. Jika tau seperti ini, dari dulu saya sudah beli domain TLD, sebelum blognya jadi bagus seperti sekarang ini :D.


Nah, bagaimana menurut sobat semua, apakah  saya harus ganti domain atau tidak ?
waiting for answer....
still waiting for answer....
still waiting for answer....
still waiting for answer....


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Ganti Domain atau tidak ? Keuntungan dan Kerugian ganti domain
Description : Ganti Domain atau tidak ? Kelebihan dan kelemahan ganti domain. Mungkin banyak sobat yang bimbang a...

3 Responses to "Ganti Domain atau tidak ? Keuntungan dan Kerugian ganti domain"

  1. seandainya ganti domain apakah status SEO kembali ke nol ? kan bisa di pindahkan misalnya yang tadinya alamat lama langsung otomatis berubah jadi alamat yang sekarang.. kaya di

    ReplyDelete
    Replies
    1. alexa, pagerank dan sbg reset kembali jadi 0. walaupun di redirect sama aja, karena nama domainnnya baru. tapi walaupun kereset, posisi situs saya di goole tidak menurun, malah meningkat. alexa juga, dulu mentok di 700ribuan, setelah ganti domain bisa 400ribuan.

      Delete
  2. bagaimana dengan nasib blog saya http://www.kalemaja.com/ yang semakin hari semakin mrosot trafficnya hinnga minus 70% sudah setengah bulan tak kunjung pulih artikel pada tenggelam hilang ntah kmana,,ketka mengetikkan keyword yg mnjadi sumber traffic terbesar judul tidak muncul di SERP tapi di imagenya no 1 apakah hal tersebut mengindikasikan bahwa artikel saya akan kembali muncuL??

    ReplyDelete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.