Ternyata SEO juga butuh kesabaran

SEO (Search engine optimization) adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mendapatkan posisi teratas dalam hasil pencarian di mesin pencari. Dengan menulis artikel menggunakan SEO, tidaklah mustahil bagi blog kita untuk mendapat posisi pertama di Google.

Saya sendiri mengenal ilmu SEO sejak Maret 2014. Semenjak saya diterima di Google Adsense, saya mencoba mempelajari SEO untuk mendatangkan pengunjung ke blog saya. Banyak teknik teknik seo yang beredar di internet. Namun diantara teknik teknik tersebut, menurut saya masih ada teknik yang kurang. Padahal teknik  tersebut sangatlah ampuh, yaitu teknik sabar.


Banyak para pemula(termasuk saya) yang belajar SEO dan mempraktekkan SEO di blog/websitenya. Tapi ternyata SEO-nya tidak berhasil padahal sudah punya backlink , keyword yang dibidik juga tidak terlalu tinggi. Tetap saja artikel tidak bisa menembus peringkat pertama, bahkan tidak masuk halaman pertama. Jika sudah seperti ini, saya yakin banyak blogger yang frustasi karena usahanya tidak berhasil.

Tidak menjadi peringkat pertama bukan berarti usaha yang kita lakukan itu sia sia, bisa saja artikel kita memang belum waktunya duduk di peringkat pertama. Karena itu hal yang perlu kita lakukan adalah sabar.

Ini berdasar pada pengalaman saya sendiri. Pada bulan Maret 2014, saya menulis artikel berjudul Pengertian dan Fungsi Microsoft Access . Saya sudah riset terlebih dahulu, keyword yang saya ambil bukanlah keyword yang tinggi, karena itu saya yakin paling tidak blog saya bisa muncul di halaman pertama.

Setelah saya cek, yang terjadi malah kebalikannya. Artikel saya tidak muncul dihalaman pertama. Hari berikutnya saya cek, masih belum masuk. Minggu berikutnya juga sama. Setelah itu saya berhenti mengecek karena sudah pesimis duluan.

2 bulan kemudian, saya terkejut ketika melihat statistik blog saya tepatnya di sumber lalu lintas. Ada beberapa pengunjung yang "nyasar" ke blog saya dengan keyword "fungsi microsoft access" . Benar saja, ketika saya cek di google, ternyata artikel saya sudah duduk di peringkat pertama


Hal ini juga terjadi dengan artikel saya yang berjudul "Contoh Artikel Bahasa Jawa" . Pada awalnya tidak muncul dihalaman pertama. 1 bulan kemudian ketika saya mengecek, ternyata sudah duduk di peringkat pertama.

Intinya, jangan mudah menyerah. SEO juga butuh kesabaran Bagi yang sudah mahir mungkin hanya butuh beberapa menit untuk menjadi peringkat pertama. Tapi bagi saya yang masih newbie, butuh waktu berminggu minggu bahkan berbulan bulan untuk menjadi peringkat pertama.

Semoga bermanfaat bagi sobat semua



Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Ternyata SEO juga butuh kesabaran
Description : SEO (Search engine optimization) adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mendapatkan posisi teratas ...

0 Response to "Ternyata SEO juga butuh kesabaran"

Post a Comment

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.