Friday 27 December 2013

Cara Membuat Tabel Perkalian dengan Ms Excel

Caranya dengan menggunakan sel absolut.

Sel absolut adalah istilah untuk sel yang alamatnya berada dalam kondisi terkunci.Cara menggunakn sel absolut yaitu dengan menambahkan tanda $ didepan nama kolom atau nama baris.Tanda $ ini bisa dimasukan secara manual,bisa juga dengan menggunakan tombol F4 pada keyboard.
Jika tanda $ diletakkan didepan nama kolom($C3),maka kolom tersebut akan terkunci sewaktu menggunakan Autofill.Begitu juga bila tanda $ diletakkan didepan nama baris(C$3),maka baris tsb akan terkunci.Jika tanda $ diletakkan didepan baris dan kolom,maka sel tsb akan terkunci ketika kita gunakan autofill.

oke,langsung saja ini dia Cara Membuat Tabel Perkalian dengan Excel

    1. Buat tabel seperti dibawah ini.Pada tabel perkalian ini,prinsipnya adalah data pada kolom B dikalikan pada data pada baris 2.
      1. Karena dalam tabel ini perkalian menggunakan kolom yang sama yaitu kolom B dan baris yang sama yaitu baris 2.Maka pada Sel C3 tulis rumus =$B3*C$2 lalu tekan ENTER.
      2. Lalu tarik sel C3 kekanan menggunakan Autofil (Ditarik kekanan)
      1.  Selanjutnya Gunakan Autofill kebawah 
      Dengan menggunakan sel absolut dan autofill,anda sudah bisa membuat tabel perkalian dengan mudah.Jika Anda ingin membuat tabel pembagian,penjumlahan dan pengurangan,caranya sama seperti cara diatas.Misal jika ingin membuat tabel penjumlahan maka rumusnya =$B3+C$2 lalu tinggal di autofill.


      Sekian dan Salam Teknologi !

      1 komentar so far

      Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

      EmoticonEmoticon