Friday 7 March 2014

Pengertian dan Fungsi Microsoft Access

Pengertian Microsoft Access. Bagi anda yang pernah mengenyam pendidikan komputer di Sekolah, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Word, Excel dan Powerpoint.Word digunakan untuk mengetik dokumen, Excel untuk membuat tabel, dan Powerpoint untuk merancang presentasi.Kebanyakan orang hanya mengetahui ketiga aplikasi Microsoft ini, padahal masih banyak aplikasi Microsoft lain yang mempunyai fungsi tak kalah penting dari Word,Excel dan Powerpoint.Salah satunya yaitu Microsoft Access.

Pertama kali anda membuka Microsoft Access, pasti anda merasa asing.Gimana sih bikin tabel ,ini fungsinya buat apaan ya.Memang microsoft access agak berbeda dari aplikasi microsoft lainnya.

Microsoft Access adalah aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau lebih dikenal dengan database.Database adalah kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi.

Fungsi Microsoft Access
  • untuk membuat database (basis data)
  • untuk membuat program aplikasi persediaan barang
  • untuk membuat program aplikasi gaji pegawai
  • untuk membuat program aplikasi kehadiran
Sebenernya Microsoft access itu buat ngapain sih ?

Coba kita buat perumpamaan dari usaha rental DVD.Seorang pemilik rental DVD kewalahan mencatat data DVD dan transaksi sewa DVD yang terjadi setiap harinya.Lalu dia memutuskan untuk menggunakan Microsoft Access.

Pertama, kumpulan data dari DVD seperti judul film, genre, sutradara, harga dvd dimasukan terlebih dulu.Nantinya data tersebut bisa dibuat form seperti gambar ini.
Lalu tinggal memasukkan data para member (orang yang menyewa DVD) , serta memasukkan data transaksi penyewaanya.Jika sudah, anda bisa membuat laporan secara otomatis seperti gambar dibawah ini


Pastinya pengolahan database akan lebih mudah dan cepat menggunakan aplikasi Microsoft Access

Baca juga 
-Belajar Microsoft Access
-Buku Panduan Microsoft Access bagi pemula (GRATIS!)
apa itu microsoft access, kegunaan microsof access, ms acces buat untuk bisnis, perbedaan microsoft access, kenapa pake microsoft access, tentang microsoft access, manfaat microsoft access,fungsi microsoft access 2007

8 komentar

Izin copas yaaa.... Link webnya nggak dihapus kok ^^

baru tau... ^^ Makasih ya infonya :)

Ternyata itu ya gan, thanks gan ane copas dulu deh buat simpenan data

Thanks gan sangat membantu dan membuka wawasan

Baru tau kalo access bisa bikin program kirain cuman buat bikin database doang .... sangat bermanfaat artikelnya ....

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon