Saturday 15 March 2014

Apa itu Virus Cryptolocker dan Cara Mengatasinya

criptolocker warning

Virus Cryptolocker adalah virus yang sangat berbahaya bagi para pengguna komputer.Virus dengan nama lain Trojan.GenericKD.1492946 ini dapat mengenkripsi setiap data yang dijumpai.Virus ini pertama kali muncul pada September 2013 di Ukraina.Menurut Vaksincom, Cryptolocker sudah jelas menjadi ancaman nyata bagi pengguna komputer indonesia.

Cryptolocker biasanya datang melalui email berbentuk lampiran dengan format kompresi (ZIP/RAR).Di dalam file kompresi tersebut terdapat sebuah file dengan nama acak dan mempunyai ekstensi ganda yaitu PDF.EXE .Virus ini bermaksud mengelabuhi korban sehingga file yang terlihat adalah file PDF.

Berikut contoh email yang berisi lampiran virus Cryptolocker

email cryptolocker

Ciri ciri file lampiran email yang berisi virus Cryptolocker :

  1. Mempunyai ekstensi ganda (PDF.EXE)
  2. Menggunakan icon PDF
  3. Nama file nggak jelas alias acak
  4. Ukuran file sebelum di extract 70kb, setelah di extract 100kb.

Nah, apa yang terjadi kalau file PDF.EXE itu dibuka ?

Virus Cryptolocker akan menyebar ke komputer anda dan akan mengenkripsi data data dalam drive.Setiap file yang berhasil dienkripsi, komputer akan memunculkan pesan “Your personal files are encrypted”.File yang sudah di enkripsi tidak bisa dibuka

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Agar bisa membuka kembali file yang di enkripsi, anda harus mengetahui private key yang digunakan untuk mengenkripsi data.Kabar buruknya, private key itu hanya pembuat virus dan Tuhan yang tau.Jika ingin file anda kembali seperti semula, anda harus membayar sebesar USD 300 pada si pembuat virus.melalui MoneyPak/BitCoin.Jika tidak demikian, file anda akan lenyap sampai batas waktu yang ditentukan.

your files are encrypted

Menakutkan bukan ? karena itu berhati hatilah ketika anda membuka lampirann email.Pikir terlebih dahulu sebelum membuka lampiran email dari email yang tidak anda kenal.

apa itu virus cryptolocker, pengertian virus cryptolocker, cara mencegah membasmi mengatasi cryptolocker, masalah your personal file are encrypted problem, ciri ciri virus cryptolocker

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon