Sunday 20 April 2014

Apa Itu Startup

startup

Apa itu StartUp ?

Startup adalah istilah yang asing bagi anda yang baru mendengar kata tersebut.Namun dikalangan pebisnis teknologi informasi, hal itu lumrah ditemukan ketika memulai bisnis ini.Apa sebenarnya startup itu ?

 

Pengertian StartUp

StartUp artinya sebuah proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, StartUp merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi.Sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan masih berada dalam fase pengembangan. Di Indonesia, Startup lebih dikenal sebagai usaha yang berbasis teknologi. Startup yang sukses di Indonesia contohnya Kaskus. Namun sekarang kaskus bukan lagu menjadi Startup, tetapi sudah menjadi perusahaan besar.

 

Sejarah StartUp dan perkembangannya

Istilah StartUp mulai popular secara internasional pada masa buble dot-com. Buble dot-com adalah fenomena pada periode 1998-200 dimana banyak perusahaan berdomain dot com yang didirikan secara bersamaan.Pada masa itu, perusahaan sedang gencar gencarnya membuka website pribadi.Saat itu pula StartUp lahir dan berkembang.

StartUp juga cukup berkembang di Indonesia.Setiap tahun,banyak founder StartUp yang bermunculan.Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, startUp di Indonesia digolongkan menjadi tiga kelompok.Startup pembuat game, Startup aplikasi edukasi serta startup perdagangan.Startup game dan aplikasi edukasi mempunyai pasar yang potensial di Indonesia.Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang relatif mudah

 

Karakteristik StartUp

Sebuah bisnis bisa digolongkan menjadi sebuah StartUp jika memiliki karekteristik sebagai berikut.
  • Umumnya beroperasi di bidang teknologi
  • Produk yang dibuat berbentuk aplikasi digital
  • Umumnya beroperasi melalui website
  • Masih dalam tahap perkembangan
  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan masih kurang dari $ 100.000/tahun
Dengan melihat karakeristik diatas, nampak jelas kalau StartUp lebih condong ke bisnis yang bergerak di bidang internet dan teknologi.

 

Bagaimana Cara Memulai Startup

bagaimana cara memulai startup

Seorang founder atau orang yang ingin memulai bisnis StartUp harus memiliki visi yang jelas.Dengan visi, maka pikiran kita akan terarah pada target yang ingin kita capai.Sebagai contoh, Bill Gates ketika memulai bisnis, memiliki satu visi yang terdengar konyol pada saat itu.Dia memimpikan setiap meja kerja dan setiap rumah harus mempunyai komputer dan menggunakan software dari Microsoft. Visi tersebut berhasil mengubah cara hidup manusia dan membuat microsoft menjadi salah satu perusahaan terbesar didunia.

Singkatnya, cara memulai bisnis startup adalah dengan menentukan visi, menciptakan ide ide dan merealisasikannya, lalu ajak teman/kerabat untuk bekerja sama menciptakan bisnis tersebut.Hal yang terpenting, jangan lupa untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi dan jangan takut gagal.

Bagaimana ? Apa anda tertarik untuk berbisnis startup?

perkembangan startup di indonesia, apa sih star up itu, definisi start up, asal usul startup, contoh bisnis startup, apa itu bisnis startup

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon