Contoh Laporan Prakerin PKL Akuntansi Administrasi Perkantoran SMK

Contoh Laporan PKL Prakerin SMK Akuntansi Administrasi Perkantoran. Prakerin merupakan bagian dari kurikulum SMK .Setelah prakerin, siswa diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan prakerin.Nah, bagi kalian yang bingung menyusun laporan prakerin, bisa download contoh laporan prakerin pkl akuntansi atau contoh laporan prakerin pkl administrasi perkantoran dalam dokumen microsoft word di bawah ini.


Download contoh laporan prakerin pkl akuntansi administrasi perkantoran
https://googledrive.com/host/0B6-cXIAiZzXyRUVVeUs1Tk16YlE/
Klik tombol diatas lalu tunggu sebentar
Lihat juga : Contoh laporan prakerin akuntansi di Tamzis Baituttamwil

Jika anda tidak ingin download Contoh laporan Praktek kerja Industri/Instansi untuk kompetensi akuntansi dan administrasi perkantoran, maka akan saya sajikan disini saja. Tapi maaf sebelumnya, laporan dibawah ini kurang rapi karena dicopy langsung dari ms word.Jika ingin hasil yang rapi silahkan download saja.

Catatan : Tidak semua yang ada dalam laporan saya tulis diblog ini
       

KATA PENGANTAR

           
            Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) dan dapat menyusun laporan ini dengan baik guna memenuhi kelengkapan bukti belajar (evidence).
            Laporan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) ini dapat disusun dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak yang telah memberikan bimbingan dan dukungan sebagai bahan masukan untuk kami.Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :

  1.  Drs. Dani Priya Widada sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Banyumas yang telah memberi kesempatan pada kami untuk melaksanakan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN).
  2. Pokja Prakerin, K3 dan Tim Penjajakan yang telah mempersiapkan administrasi, tempat prakerin, serta memberikan pembekalan kepada siswa prakerin
  3. Kepala Bagian Organisasi SETDA Kabupaten Banjarnegara yang telah memberikan ijin pada kami untuk melaksanakan prakerin.
  4. Drs. Darmo Tilarso sebagai Guru pembimbing siswa prakerin dan pembimbing penulisan laporan kegiatan di SMK Negeri 1 Banyumas
  5. Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penyusunan Laporan Praktek Kerja Instansi prakerin dapat terselesaikan.
            Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kekeliruan dalam penulisan laporan ini.Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca.Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dan bantuan sehingga laporan ini dapat tersusun dengan baik.



Banyumas,     Maret 2014    



    Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Judul.....................................................................................................
Lembar Pengesahan Pembimbing Sekolah........................................................... i
Lembar Pengesahan Pembimbing Kantor............................................................ ii
Kata Pengantar..................................................................................................... iii
Motto................................................................................................................... iv
Daftar Isi.............................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
     A.    Latar Belakang.......................................................................................... .... 1         
     B.     Pembatasan Topik Laporan............................................................................ 1
     C.     Tujuan............................................................................................................ 1         
     D.    Sejarah Singkat Kabupaten Banjarnegara...................................................... 2
BAB II PELAKSANAAN PRAKERIN
     A.    Waktu dan Tempat Prakerin..........................................................................
     B.     Jenis Pekerjaan yang Dilakukan..................................................................... 3
     C.     Hasil yang Dicapai......................................................................................... 4
BAB III TEMUAN
     A.    Faktor Pendukung..................................................................................... .... 5
     B.     Faktor Penghambat........................................................................................ 5
     C.     Manfaat yang Diperoleh/Dirasakan........................................................... .... 6
     D.    Pengembangan di Masyarakat................................................................... .... 6
BAB IV PENUTUP
     A.    Kesimpulan................................................................................................ .... 7
     B.     Kesan......................................................................................................... .... 7
     C.     Saran.......................................................................................................... .... 7
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 8



BAB I

PENDAHULUAN


 A.  Latar Belakang
            Kegiatan praktek kerja merupakan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan praktek kerja secara langsung di dunia kerja sesuai dengan program studi tertentu untuk mencapai keahlian kerja sebagai bekal untuk bekerja secara profesional.
            Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka diterapakan suatu sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah “Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN)”.Atau disebut juga dengan “Pendidikan Sistem Ganda (PSG)”.
            Sistem ini merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional  yang memadukan secara sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian melalui kegiatan bekerja secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat keahlian profesional tertentu.
            Keahlian profesional hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada dalam dunia kerja.Sehubungan dengan itu, maka siswa SMK pada jenjang tertentu diwajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja secara langsung.

 B.  Pembatasan Topik Laporan
Kami dalam menyusun laporan ini melakukan pembatasan topik laporan, yaitu : mulai dari latar belakang, tujuan prakerin, waktu dan tempat pelaksanaan prakerin,jenis jenis pekerjaan yang dilakukan di tempat prakerin hingga temuan pada saat melaksanakan prakerin di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara.

 C.  Tujuan
            Kegiatan prakerin dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut :
1.      Meningkatkan mutu dan pendidikan kejuruan melalui peran dunia kerja
2.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
3.      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan,keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
4.      Memberi pengetahuan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan
5.      Memperoleh kesetaraan dan kesepadanan antara sekolah dan dunia kerja

 D.  Sejarah Singkat Kabupaten Banjarnegara
            Disebutkan bahwa seorang tokoh masyarakat yang bernama Kyai Maliu sangat tertarik akan keindahan alam di sekitar Kali Merawu selatan jembatan Clangkap. Keindahan tersebut antara lain karena tanahnya berundak, berbanjar sepanjang kali.    Sejak saat itu, Kyai Maliu kemudian mendirikan pondok/rumah sebagai tempat tinggal yang baru. Dari hari ke hari kian ramai dengan para pendatang yang kemudian mendirikan rumah disekitar tempat tersebut sehingga membentuk seatu perkampungan. Kemudian perkampungan yang baru dinamai “BANJAR” sesuai dengan daerahnya yang berupa sawah yang berpetak-petak. Atas dasar musyawarah penduduk desa baru tersebut Kyai Maliu diangkat menjadi Petinggi (Kepala desa), sehingga kemudian dikenal dengan nama “Kyai Ageng Maliu Pertinggi Banjar”.             Kemajuan desa Banjar di bawah kepemimpinan Kyai Ageng Maliu semakin pesat tatkala kedatangan Kanjeng Pangeran Giri Wasiat, Panembahan Giri Pit, dan Nyai Sekati yang sedang mengembara dalam rangka syiar agama Isalam. Ketiganya merupakan putra Sunan Giri, raja di Giri Gajah Gresik yang bergelar Prabu Satmoko.            Sejak kedatangan Pengeran Giri Pit, Desa Banjar menjadi pusat pengembangan agama Islam dan menjadi desa Banjar.Karena kepemimpinannya itulah Desa Banjar semakin berkembang dan ramai. Desa Banjar yangdidirikan oleh Kyai Ageng Maliu inilah pada akhirnya menjadi cikal bakal Kabupaten Banjarnegara.        

                                                                                                                             


BAB II

PELAKSANAAN PRAKERIN


 A.  Waktu dan Tempat Prakerin
            Waktu pelaksanaan  Prakerin adalah 60 hari, dimulai sejak tanggal 15 Januari 2014 dan berakhir pada 15 Maret 2014.Waktu 60 hari adalah waktu yang cukup bagi kami untuk belajar dan mengenal dunia kerja.  
            Kami ditempatkan di Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Banjarnegara.Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara terletak di sebelah timur alun-alun Banjarnegara.Tepatnya di Jl. Ahmad Yani no 16 Banjarnegara.

 B.  Jenis Pekerjaan yang Dilakukan
            Dalam melaksanakan Praktek Kerja Instansi, kami mendapatkan banyak pengalaman dari pekerjaan yang kami lakukan.
            Pekerjaan yang kami lakukan diantaranya :
1.      Mengelola peralatan kantor
2.      Membuat surat
3.      Mengagenda surat
4.      Mengantar surat
5.      Menangani penggandaan dokumen
6.      Menyetempel
7.      Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak ( Ms. Word )
8.      Mengelola sistem kearsipan
9.      Mengisi surat setoran
10.  Merekap absensi pegawai
11.  Merekap Laporan LPG
12.  Menerima telepon
13.  Menjadi operator telepon
14.  Membayar pajak



 C.  Hasil yang Dicapai
            Selama melaksanakan prakerin di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara, kami memperoleh hasil antara lain :
  1. Dapat mengetahui seluk beluk dunia kerja.
  2. Dapat mengetahui prosedur pembuatan dan pengiriman surat.
  3. Dapat menerapkan prinsip teliti dan hati hati saat mengerjakan tugas.
  4. Dapat menerapkan kerapian dalam penataan arsip.
  5. Dapat meningkatkan kemampuan pengoperasian perangkat lunak ( Ms. Word).




BAB III

TEMUAN


 A.  Faktor Pendukung
            Ada beberapa faktor pendukung yang membantu kami selama melaksanakan prakerin di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara.Faktor pendukung tersebut diantaranya :



1.       Lingkungan kerja yang bersih dan asri
Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara yang bersih serta asri membuat    kami merasa nyaman dalam melaksanakan tugas.
2.      Karyawan yang baik dan ramah
      Karyawan di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara yang baik dan  ramah membuat             kami tidak membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan    kerja.
3.      Fasilitas yang memadai
   Fasilitas yang terdapat di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara sangat memadai sehingga kami bisa mengerjakan tugas dengan cepat.
      .

 B.  Faktor Penghambat
            Dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada berbagai hambatan.Begitu pula dengan kami yang baru mengenal dunia kerja, kami juga mengalami berbagai hambatan.Hambatan-hanbatan tersebut antara lain :
      1.      Kurangnya Pengalaman
           Pengalaman merupakan kunci bagi keberhasilan suatu pekerjaan yang          dilakukan.Kami belum begitu berpengalaman sehingga perkejaan yang kami  kerjakan kadang tersendat-sendat.
      2.      Kurangnya ketrampilan dan kreativitas siswa
      Ketrampilan  dan kreativitas kami masih kurang karena kami baru terjun ke lapangan kerja.
      3.      Kurang Menguasai Peralatan Kantor
       Ada beberapa peralatan kantor yang belum kami kuasai.Sehingga kami harus meluangkan waktu untuk   berlatih terlebih dahulu. 
4.      Teori dan Praktek yang tidak sesuai
      Kurang sesuainya antara teori dan praktek yang diterima di sekolah dengan            pelaksanaan atau praktek pekerjaan yang sesungguhnya di lapangan    menyebabkan hasil yang dicapai kurang maksimal dalam pelaksanaannya.


 C.  Manfaat yang Diperoleh/Dirasakan
            Manfaat yang kami peroleh selama melaksanakan prakerin di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara antara lain :
1.      Memperoleh wawasan luas mengenai seluk beluk dunia kerja.
2.      Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.
3.      Mengetahui arti penting disiplin dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
4.      Dapat memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh di sekolah.
5.      Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh di sekolah dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.

 D.  Pengembangan di Masyarakat
                 Selama kami melakukan prakerin di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara, banyak sekali pengalaman yang kami dapat.Mungkin dari pengalaman tersebut bisa mendorong dan membantu kami agar lebih giat dan semangat dalam bekerja.Sehingga kami bisa menjadi orang yang berguna dalam masyarakat.







BAB IV

PENUTUP


 A.  Kesimpulan
            Dengan adanya Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN), kami dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Pengalaman kerja yang didapatkan akan membuat para siswa memiliki keahlian yang profesional dalam bidangnya, dan mendidik para siswa untuk memiliki rasa disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.

 B.  Kesan
            Prakerin yang kami jalani di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara sangat menyenangkan.Karyawan disana sangat ramah dan sabar dalam membimbing kami.Kami yakin pengalaman yang kami dapat selama prakerin dapat membantu kami kedepannya.
 C.  Saran
            Berikut akan kami sampaikan saran-saran agar pelaksanaan prakerin mendatang bisa menjadi lebih baik.
      1.      Bagi Sekolah
a.       Hendaknya memilih tempat prakerin yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal siswa.
b.      Hendaknya penempatan peserta prakerin disesuaikan dengan program studi masing-masing siswa.
c.       Hendaknya tetap menjaga hubungan baik dengan Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara.

      2.      Bagi Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara
a.    Mengharap kesediaannya untuk menerima rekan kami yang akan datang khususnya SMK Negeri 1 Banyumas yang membutuhkan bimbingan praktek.


 laporan prakerin setda, contoh laporan prakerin di setda banjarnegara, contoh laporan pkl sekretariat daerah kabupaten banjarnegara, laporan praktek kerja instansi setda banjarnegara, contoh laporan prakerin smk n 1 banyumas, laporan prakerin smk negeri 1 banyumas 2013 2014 2015


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Contoh Laporan Prakerin PKL Akuntansi Administrasi Perkantoran SMK
Description : Contoh Laporan PKL Prakerin SMK Akuntansi Administrasi Perkantoran. Prakerin merupakan bagian dari...

7 Responses to "Contoh Laporan Prakerin PKL Akuntansi Administrasi Perkantoran SMK"

  1. thnks bnget ya infonya. cukup membantu

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. boleh. kalo copas buat dipake nggak masalah.
      tapi kalo mau copas untuk ditaro di blog atau website, jangan lupa cantumkan sumbernya ya :)

      Delete
  3. Informasi yang menarik dan sangat bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang pernah magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    ReplyDelete
  4. keren kak aritelnya :) Ditunggu Kunjung Baliknya
    http://www.rezpektor-key.net/2016/05/contoh-cara-membuat-laporan-prakerin.html

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas referensinya sangatbermanfaat

    ReplyDelete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.