Sunday 10 August 2014

Penyebab Kipas Laptop Berbunyi Bising

Apa sebab fan/kipas laptop notebook/netbook berisik. Terkadang ketika laptop dinyalakan dalam waktu lama, terdengar suara bising atau berisik yang berasal dari kipas/fan laptop. Pada kasus yang lebih parah, laptop bisa langsung berbunyi berisik pada saat awal dinyalakan, dan ini terjadi pada laptop saya. Tentunya suara bising pada laptop akan sangat mengganggu, apalagi jika laptop digunakan di tempat umum. Nah, kenapa laptop berbunyi bising? apa peyebabnya
cara mengatasi laptop berisik

1. Prossessor

Jika anda membuka banyak aplikasi atau program (multitasking), maka prosessor akan berkerja lebih keras. Kinerja prosessor akan sibut dan dapat menyebabkan panas. Karena suhu laptop yang panas, kipas/fan segera bertindak meminimalisir panas. Karena itulah kipas berputar sangat cepat sehingga menimbulkan bunyi bising.

Sebaiknya jalankanlah program sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan pula spesifikasi laptop anda, apakah memang mampu menjalankan software yang anda gunakan.

 

2. Kipas yang kotor

Jika anda tidak membuka banyak program tetapi laptop tetap bising, mungkin saja kipas laptop anda kotor. Kipas yang kotor bisa  menghambat sirkulasi udara yang keluar dari dalam laptop sehingga menyebabkan panas. Anda bisa mencoba membukanya sendiri dan membersihkannya, namun jika anda tidak yakin lebih baik menggunakan jasa orang lain yang terampil.

Perlu diperhatikan, membongkar laptop akan menghilangkan garansi (jika laptop anda masih dalam masa garansi). Karena itu pikirlah baik baik sebelum mencoba membongkar laptop.

 

3. Kipas sudah rusak

Mungkin saja penyebab laptop berbunyi berisik adalah kipas laptop anda yang sudah rusak. Kipas yang rusak tidak akan bekerja sebagaimana mestinya sehingga menimbulkan bunyi bising. Jika sudah begini, anda bisa memeriksakannya pada dokter. Dokter laptop tentunya. Kalau ingin lebih cepat, anda bisa membeli kipas yang baru. Asalkan bukan kipas angin.

Beberapa penyebab sudah saya sampaikan, sekarang bagaimana cara mengatasi laptop berisik dan berbunyi bising? Memang ada cara mudah agar laptop tidak berbunyi bising yaitu dengan menservicenya ke teknisi laptop. Namun tentunya membutuhkan biaya.

Jika mencoba membongkar sendiri tanpa mempunyai keterampilan, bisa saja laptop anda tambah rusak. Karena itulah saya akan menyajikan video dari youtube yaitu cara membersihkan kipas/fan laptop dengan menggunakan vacuum cleaner/pembersih debu.


Silakan dilihat dan dipraktekkan :)



Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon