Monday 11 August 2014

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat website

Halo sobat sobat semua. Rencananya beberapa hari kedepan saya akan menulis beberapa artikel seputar cara membuat sebuah website. Website yang saya maksud adalah website yang dibuat dari awal, dalam artian, kita membuatnya dari halaman putih kosong yang tidak ada apa apanya. Lalu kita buat desain, menambahkan database dan fitur fitur menarik lainnya sampai akhirnya menjadi sebuah website yang siap pakai.

Sebenarnya belum lama saya terjun ke dunia website, bisa dibilang saya masih pemula. Tapi apa salahnya berbagi? toh jika saya membagikan ilmu, kemampuan saya juga makin terasah. Iya kan? hehe..
Yasudah langsung  saja, sebelum melangkah ke tahap tahap pembuatan website, ada beberapa hal yang harus anda siapkan, diantaranya yaitu...

 

1.Niat

Yang ini pasti lah. Semua hal kalo dilakukan tanpa niat nggak bakalan maksimal hasilnya, malahan bisa amburadul. Karena itu tanamkan dulu niat dalam diri sobat. Kalo belum ada niat, ya di ada adain aja deh pokoknya.

 

2.Waktu luang

Sobat juga harus punya waktu luang. Waktu luang ini tentu saja digunakan untuk mempelajari cara cara membuat website. Jangan sampai sobat belajar membuat website di waktu yang tidak tepat. Misalnya ketika guru sedang menerangkan, ketika bos sedang menyuruh anda mengerjakan pekerjaan, atau ketika sedang dalam masa pertapaan di toilet.

 

3.Aplikasi

Dalam proses pembuatan website, kita tidak akan lepas dari penggunaan aplikasi. Aplikasi ini akan membantu kita dalam proses pembuatan website. Beberapa aplikasi atau software yang dibutuhkan diantaranya

 

Notepad++

Ini adalah tempat kita menulis script PHP dan script lainnya yang digunakan untuk membuat website. Sebenarnya sobat bisa menggunakan notepad biasa yang sudah tersedia di Windows. Tapi saya sarankan untuk memakai Notepad++ karena lebih mudah jika dipakai menulis script.

 

Xampp

Aplikasi ini berfungsi sebagai local hosting. Dengan aplikasi ini kita bisa menjalankan script PHP dan script lainnya yang telah dibuat.

 

Adobe Dreamweaver CS3

Dengan aplikasi ini, pembuatan website menjadi mudah. Bahkan anda pun bisa membuat website tanpa mengetahui kode kode pemrograman. Tapi akan lebih baik lagi jika anda sudah mengetahui dasar dasar kode  HTML.

Versi Adobe Dreamweaver yang terbaru adalah Dreamweaver CC, namun saya lebih suka memakai yang lama karena lebih ringan. Nggak bisa move on, hehe :)


Untuk aplikasi ini mohon maaf saya tidak menyediakan link-nya. Silakan sobat cari sendiri di google dengan keyword "download adobe dreamweaver cs3" atau keyword lainnya. Saya yakin sobat semua sudah pintar mencarinya.


Silakan sobat download aplikasi aplikasi yang saya sebutkan tadi. Lalu install. Instalnya gampang kok cuma klik next next. Oh iya, sobat juga butuh browser seperti mojila firefox atau Google Chrome, tentu saja untuk melihat hasil website buatan sobat.

Oke cukup segitu dulu yah. Semoga artikel lainya cepat menyusul :D

alat pembuat website,cara membuat website dari awail,tutorial dreamweaver cs3 4 5 6 CC bahasa indonesia, cara membuat website untuk pemula

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon