Bahaya Mematikan Komputer Tanpa di Shutdown

kenapa mengapa komputer harus di shutdown. Sobat pastinya pernah menyalakan komputer, iya kan? hehe.. Sehabis dinyalakan pasti ada saatnya untuk dimatikan alias di shutdown. Biasanya kita mematikan komputer dengan cara klik Start > shutdown atau Start>Turn Off. Taukah sobat mengapa harus dengan cara itu ? kenapa tidak menekan tombol powernya saja ? bukannya lebih cepat ?

alasan kenapa komputer harus di shutdown

Nah, disini saya akan menjelaskan alasan kenapa komputer itu tidak boleh dimatikan dengan menekan tombol powernya secara langsung, atau dengan mencabut aliran listrik ke komputer. Karena jika sobat melakukan apa yang saya sebutkan tadi, akan terjadi beberapa kendala diantaranya..

#1 
Pada saat komputer di shutdown, komputer akan meregistrasi ulang beberapa komponen yang digunakan, software serta data yang dipakai atau yang dihapus. Jika sobat mematikan komputer langsung dari tombol powernya maka data data tadi tidak dapat disimpan kedalam registri. Akibatnya bila terjadi masalah pada komputer, komputer tidak bisa melakukan system recovery berdasarkan tanggal dan waktu yang ditetapkan.

#2 
Pada saat komputer di shutdown, processor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan segala perkerjaan pekerjaan komponen peralatan, agar daya yang terpakai diputus secara normal. Jika sobat mematikannya langsung dari tombol powernya maka komputer akan mati tanpa pemutusan arus yang normal sehingga lama kelamaan akan timbul kerusakan pada komponen komputer

#3 
Pada saat komputer di shutdown, fan (kipas) akan berkerja dua kali lipat (2x lebih cepat) untuk mendinginkan processor. Jika sobat mematikan komputer secara langsung, proses pendinginan processor tidak berjalan secara normal dan berakibat pada kerusakan processor.

#4 
Pada saat komputer di shutdown, sistem memori akan dikosongkan sehingga saat komputer digunakan lagi, memory sudah dalam keadaan refresh. Beda jika sobat mematikan komputer secara langsung, bisa menyebabkan memory rusak.

#5 
Pada saat komputer di shutdown, hardisk berkerja menyimpan data yang diperintahkan processor dan menyalin data komponen, software & registry komputer, lalu hardisk akan kembali ke posisi awal. Jika sobat mematikan komputer tidak dengan shutdown maka data komponen dan software ridak tersimpan di registry, posisi hardisk juga berada di tengah tengah silinder hardisk sehingga saat dihidupkan kembali, head komputer dapa merusak silinder hardisk. Terjadilah bad sector hardisk. Lama kelamaan hardisk akan rusak.


Itu dia resiko jiika sobat mematikan komputer dengan cara yang tidak benar. Masih mending di shutdown sob, biar komputer jadi lebih awet.


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Bahaya Mematikan Komputer Tanpa di Shutdown
Description : kenapa mengapa komputer harus di shutdown. Sobat pastinya pernah menyalakan komputer, iya kan? hehe...

0 Response to "Bahaya Mematikan Komputer Tanpa di Shutdown"

Post a Comment

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.