Wednesday 17 December 2014

Pengertian Blog, Mengenal Apa itu Blog

Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian blog , sejarah blog, jenis serta manfaat blog. Mari kita mulai dengan pengertian blog.

Pengertian Blog

pengertian blog apa itu blog
Menurut wikipedia, Web log atau singkatnya Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Blog

Blog adalah hasil evolusi dari diary online. Catatan harian mengenai pendapat, opini dan apapun itu dipublikasikan secara online menggunakan website. Kala itu, Blog merupakan website yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut. Sehingga online diary saat itu bisa dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik.

Pada tahun 1997, John Barger, seorang programer yang mengelola website online diary “robot wisdom” menciptakan istilah “logging the web”. Logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Hal ini dikarenakan blogger di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan mengurutkan link-link menarik berdasarkan opininya.

Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian disebut sebagai “blogger”.

Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertummbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com adalah layanan web yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan HTML sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.

Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara kronologis terbalik.

Pada akhir tahun 2002, blogger.com diakuisisi oleh Google.Com . Semenjak itu, banyak aplikasi open source yang muncul untuk menunjang aktifitas para blogger. Kegiatan blogging menjadi lebih mudah dan cepat.

Setelah itu, mulai banyak platform blogging yang bermunculan seperti wordpress, tumblr, blogdetik, myawapblog, dsb. Masing masing menawarkan pengelolaan blog yang cepat, mudah dan gratis. Meski begitu, blogger.com tetap menjadi media blog yang paling diminati para blogger, sampai sekarang ini.

Jenis Blog

Berdasarkan pada platform yang digunakan, blog dapat dibagi menjadi 5 jenis, antara lain :

1. Free Blog (Blog Gratis)

jenis blog macam blog
Blog gratis adalah jenis blog yang paling populer sampai saat ini. Blog jenis ini adalah blog yang dibuat dengan menggunakan pihak ketiga sebagai penyedia blog.

Ciri utama dari blog gratis adalah ada embel-embel penyedia layanan blog gratis seperti blogger/blogspot, wordpress, tumblr, dan sebagainya dibelakang nama domainnya.

Contohnya adalah burung-net.blogspot.com . Domain seperti itu disebut Second Level Domain (SLD).

2. Self-Hosting Blog

Self artinya sendiri dan hosting berarti ruang tempat data blog disimpan. Self-hosting adalah jenis blog mandiri. Blog ini sudah tidak terikat dengan penyedian layanan blog gratis.

Mereka menyewa ruang tersendiri untuk blog mereka (hosting). Meskipun begitu, blog jenis ini masih menggunakan Content Management System (CMS) gratis seperti Wordpress, Joomla ataupun Drupal.

3. Micro Blog

Micro Blog adalah aktifitas ngeblog yang dilakukan dengan jumlah teks atau tulisan yang terbatas, biasanya dibawah 200 karakter. Lebih dikenal dengan sebutan microblogging.

Situs-situs microblogging ini antara lain Twitter, LinkedIn, Facebook ataupun MySpace.

4. Corporate Blog (Blog Perusahaan)

Corporate blog adalah jenis blog yang terintegrasi dengan website suatu perusahaan ataupun lembaga. Mudahnya, blog perusahaan adalah jenis blog didalam suatu website.

5. Citizen Journalism Blog (Blog Jurnalisme Warga)

Blog ini adalah blog gratis yang disediakan oleh media online komersial. Contohnya Kompasiana milik Kompas dan Blogdetik milik detik.com . Semua tulisan dalam blog jenis ini dibuat oleh warga biasa, bukan wartawan professional yang bekerja pada media online tersebut.

Sedangkan berdasar konten yang ada, Blog dapat dibagi menjadi dua jenis

1. Niche Blog

Niche blog adalah blog dengan tema yang spesifik dan biasanya berisi satu atau beberapa topik tertentu saja. Contohnya adalah blog tutorial, blog pendidikan, blog kesehatan, blog komputer, blog bisnis, dan blog dengan tema khusus lainnya.

2. General Blog

General Blog atau biasa disebut Blog Gado-Gado adalah blog yang berisi berbagai macam bahasan didalamnya. Dalam blog ini, tidak ada topik/bahasan khusus yang diangkat.


Manfaat Blog

Sebagai media publikasi online, blog mempunyai banyak manfaat. Diantaranya yaitu sebagai berikut

1. Sebagai sarana berbagi pengetahuan

Blog kini berkembang sebagai media pembelajaran. Melalui blog, anda dapat membagikan pengetahuan dengan mudah. Sehingga anda dapat berbagi dengan orang lain di seluruh dunia dengan media ini. Contohnya jika anda memiliki pengetahuan di bidang komputer, anda dapat membagikannya pada teman teman anda di Amerika Serikat, Prancis atau di Jakarta.

2. Sebagai media kreatifitas

Kreativitas bukan hanya menggambar dan melukis. Kreativitas juga dapat dituangkan dalam bentuk tulisan. Melalui blog, anda dapat melatih kreativitas dengan menulis artikel.

3. Sebagai media mencari teman

Tidak hanya facebook dan twitter yang bisa digunakan untuk mencari teman. Karena dengan blog, anda bisa mendapatkan teman sesama blogger dari tempat yang berbeda-beda.

4. Sebagai sarana mencari uang

manfaat blog mencari uang
 Blog juga bisa digunakan utnuk mencari uang. Ada banyak sekali bisnis yang bisa anda coba di Internet. Hanya dengan bermodal blog, anda bisa mencoba berbagai macam bisnis itu dan menghasilkan uang secara online. Baca : Macam macam bisnis online di Internet

5. Sebagai Identitas

Yang dimaksud identitas disini adalah identitas pribadi, kelompok, perusahaan, dan sejenisnya. Dengan blog, anda dapat berkomunikasi dengan teman, klien atau pelanggan. Anda bisa menjelaskan apa yang anda suka dan apa yang anda tawarkan kepada mereka.
Itu dia bahasan tentang blog. Baca juga Cara Membuat Blog paling mudah untuk pemula. Jika ingin lebih tau lagi tentang dunia blogging, silakan baca Tips Blogging

1 komentar so far

Memiliki blog memang memberikan banyak manfaat untuk kita.. terima kasih atas informasinya..

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon