Friday 16 January 2015

Tips Cara Menghadapi Pelajaran Matematika bagi yang tidak bisa

Trik Menghadapi mata pelajaran matematika. Hai sobat semua, matematika adalah salah satu mata pelajaran wajib yang kita dapatkan selama menempuh pendidikan dari TK sampai kuliah. Walaupun pelajaran wajib, faktanya pelajaran ini malah sering dibenci oleh para siswa, termasuk saya. Baca : Alasan kenapa saya tidak suka matematika.

tips cara menghadapi pelajaran matematika

Ketika seseorang sudah membenci matematika, tentu saja setiap datang pelajaran matematik pasti merasa sebal, bosan, tidak semangat. Jika sudah begini maka sobat akan sulit mencerna pelajaran matematika. Karena itu walaupun benci, usahakan tetap memperhatikan saat pelajaran matematik. Saya juga sedang berusaha seperti itu (curhat). 

Nah, agar sobat bisa menghadapi pelajaran matematika, pada postingan kali ini saya akan memberi tips cara menghadapi pelajaran matematika  bagi yang tidak bisa. Tapi jika sobat sudah pintar matematik, tidak ada salahnya juga membaca artikel ini. Berikut tipsnya

#1 Jangan Ngantuk !

Sebelum pelajaran matematika dimulai, pastikan sobat dalam keadaan bugar dan tidak diserang rasa kantuk. Jika merasa ngantuk, segeralah mencuci muka. Karena jika ngantuk ini dibiarkan, pasti akan mengganggu konsenstrasi kita saat menghadapi pelajaran matematika nanti. 

#2 Jangan Pesimis !

Jangan menumbuhkan rasa pesimis ! jika sobat merasa tidak bisa, takut tidak bisa mengerti apa yang dijelaskan guru, buang jauh jauh pikiran itu ! . Rasa pesimis ini sangat berbahaya apalagi jika nantinya menjadi kenyataan. Cobalah berpikir positif, saya pasti bisa mengerti apa yang dijelaskan guru nanti, saya pasti bisa mengerjakan soal yang diberikan nanti. Berpikir positif itu baik lho..

#3 Konsentrasi !

Ketika guru matematik sedang menjelaskan, perhatikanlah baik baik. Jangan sekali kali memikirkan hal yang ada diluar pelajaran. Tidak konsentrasi beberapa detik saja bisa berakibat fatal. Saya sering mengalami ini, ketika guru sedang menjelaskan pikiran saya terbang entah kemana dan saat saya sadar, guru sudah selesai menjelaskan. Akhirnya saja tidak tau cara mengerjakan soalnya.

#4 Catat !

Jika ada poin poin penting yang disampaikan oleh guru, misalnya rumus atau cara pengerjaan, segeralah catat kedalam buku. Jangan sekali kali menggampangkan suatu materi. Misalnya "ah, kaya gini kan gampang, nggak usah ditulis juga pasti bisa". Saya juga sering berpikiran seperti itu. Tapi nyatanya beberapa hari kemudian saya lupa cara mengerjakannya.

#5 Kerjakan !

Setelah mendengarkan materi yang disampaikan guru, cobalah mengerjakan soal. Pilih soal yang sesuai dengan materi (biasanya guru juga memberikan soal setelah menerangkan materi). Kerjakan dengan cermat, jika mengalami kesulitan tanyakan pada guru, atau tanyakan saja pada teman yang lebih bisa. Karena menurut pengalaman saya, penjelasan yang diberikan oleh teman bisa membuat kita lebih mudeng.


Nah, itu dia tips cara menghadapai pelajaran matematika bagi yang tidak bisa. Semoga bermanfaat bagi sobat semua :)

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon