Wednesday 14 January 2015

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Jam Pelajaran di Kelas

cara tidak ngantuk di kelas sekolah saat pelajaran. Hai sobat semua, yang namanya ngantuk bisa menyerang siapa saja, termasuk pelajar. Saya yakin banyak pelajar yang pada saat jam pelajaran merasa ngantuk yang luar biasa. Penyebabnya bermacam macam, bisa karena gurunya yang menjelaskan seperti mendongeng, atau memang materi pelajaran yang membosankan. Jika rasa ngantuk sudah menyerang, hal yang paling ingin dilakukan adalah tidur. Tapi tidak semudah itu, jika gurunya cuek mungkin tidur di kelas tidak jadi masalah, tapi jika guru killer, tau sendiri kan ?


cara mengatasi ngantuk saat jam pelajaran di kelas

Sebenarnya saya juga seorang pelajar, dan sering mengalami yang namanya ngantuk. Bahkan saya pernah beberapa kali tidur di kelas. Pernah dicuekin, pernah juga dimarahi oleh guru. Duh, jadi curhat nih :)

Ngantuk di kelas adalah perbuatan yang tidak baik, karena tau sendiri kan, kita datang ke sekolah buat belajar. Bukan buat tiduran. Karena itulah pada postingan kali ini saya akan memberitahu sobat semua tips atau cara mengatasi rasa kantuk saat jam pelajaran di kelas atau sekolah. Bagaimana caranya ? langsung aja nih..

#1 Jangan Tidur Terlalu Larut

Tidak masalah jika besok hari libur. Namun jika besok harus sekolah, sebisa mungkin hindarilah tidur terlalu larut. Tidur terlalu larut berarti jam tidur kita juga berkurang. Karena itulah kita masih merasa ngantuk saat pelajaran. Saya yakin banyak yang ngantuk dikelas karena tidur terlalu larut. Saya juga demikian karena saya terkadang terus menatap monitor laptop saya sampai tengah malam untuk mengurus blog ini atau sekedar main main saja.

#2 Perhatikan Apa yang dijelaskan Guru

Jika rasa kantuk mulai menyerang, cobalah perhatikan apa yang diterangkan oleh guru. Lalu pahami. Jangan biarkan rasa kantuk mengalahkan niat sobat untuk belajar. Dengan memperhatikan apa yang dijelaskan guru maka otak kita juga akan terus bekerja, lama kelamaan rasa kantukpun hilang.

#3 Lakukan Kegiatan Lain

Terkadang dengan memperhatikan apa yang dijelaskan guru, bukannya rasa kantuk hilang melainkan malah tambah ngantuk. Hal ini bisa disebabkan karena guru yang menerangkan seperti mendongeng, atau materi yang diajarkan memang membosankan. Jika sudah seperti ini, cobalah lakukan kegiatan lain. Bisa dengan bermain alat tulis, mencoret coret bagian belakang buku, atau bahkan menjahili teman. Yang ini tidak disarankan loh :D

#4 Cuci Muka

Jika sudah melakukan langkah langkah diatas namun rasa kantuk masih menyerang, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah tidur. Eh, cuci muka maksudnya. Cobalah minta ijin kepada guru untuk keluar sebentar, atau ijin kebelakang. Segera cuci muka. Dengan mencuci muka maka kita akan merasa segar kembali, rasa kantuk hilang dan ganteng maximal :D


Gimana ? berhasil nggak ? kalau berhasil selamat, sobat sudah bisa mengalahkan rasa kantuk. Jika belum berhasil, maka langkah terakhir adalah tidur. 

Itu dia artikel tentang cara menghilangkan ngantuk ketika belajar di kelas. Semoga bermanfaat bagi sobat semua :)

2 komentar

Hahaha, lakukan kegiatan lain, kalau ketahuan kena push up ya, jadinya nggak ngantuk lagi. WKwkwkkwkw

kalau ketahuan berarti belum profesional sob, sering dilatih tuh :)

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon