Wednesday 4 March 2015

Pengertian dan Fungsi Adobe Dreamweaver

Pengertian Dreamweaver, Fungsi Dreamweaver. Para programmer, desainer dan developer web pasti tidak asing lagi dengan program yang satu ini. Namun bagi orang awan pastinya merasa asing saat mendengar aplikasi Adobe Dreamweaver. Sebenarnya apa itu Adobe Dreamweaver ?

Pengertian Adobe Dreamweaver

pengertian dan fungsi adobe dreamweaver

Adobe Dreamweaver adalah program yang digunakan untuk membuat atau menyunting halaman web. Software Dreamweaver dikeluarkan oleh Adobe System. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para programmer, desainer dan developer web dikarenakan kemudahan dalam penggunaanya, kelengkapan fiturnya dan juga dukungannya terhadap teknologi terkini.

Adobe Dreamweaver menyediakan fitur editor WYSIWYG (What You See is What You Get) atau dalam bahasa kesehariannya disebut Design View. Maksudnya adalah, tampilan hasil akhir web kita nanti akan sama dengan tampilan pada saat proses perancangan halaman web.

Dengan segala fitur yang ada pada Adobe Dreamweaver, membuat suatu web bukanlah hal yang sulit. Kita tidak perlu menguasai berbagai macam bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dan sebagainya. Cukup mengetahui dasar dasarnya saja, karena didalam aplikasi ini sudah disediakan alat alat otomatis. 

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan 3 macam tampilan yaitu Code View, Design View dan Split View. Code View cocok untuk para programmer yang terbiasa dengan kode kode pemrograman web. Sedangkan Design View cocok untuk para Designer yang terbiasa dengan visual. Jika ingin menggunakan keduanya, bisa memilih Split View.
 

Fungsi Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver mempunyai berbagai macam kegunaan. Ini dia kegunaan Adobe Dreamweaver
  • Untuk mendesain situs web
  • Untuk membuat program berbasis web
  • Untuk membuat template blog
  • Untuk membuat situs web tanpa bersentuhan langsung dengan bahasa pemrograman

Sejarah  Adobe Dreamweaver

Dulunya, program ini bernama Macromedia Dreamweaver, dan dikelola oleh Macromedia. Versi pertamanya dirilis pada Desember 1997 dengan nama Macromedia Dreamweaver 1.0 untuk sistem operasi Mac. Kemudian pada Maret 1998, muncul versi pertama untuk sistem operasi windows yaitu Macromedia Dreamweaver 1.2 

Macromedia Dreamweaver terus berkembang sampai dengan tahun 2005 dengan versi terbarunya yaitu Macromedia Dreamweaver 8. Kemudian Dreamweaver diambil alih oleh Adobe System sehingga namanya berubah menjadi Adobe Dreamweaver. Pada 16 April 2007, Dreamweaver mengeluarkan versi terbarunya dengan nama Adobe Dreamweaver CS3.

Dengan hadirnya HTML5, Dreamweaver kembali merilis versi terbarunya dengan nama Adobe Dreamweaver CS5.5 . Sedangkan sekarang ini, versi terakhir Dreamweaver adalah Dreamweaver CC yang dirilis pada 21 April 2012.

Kelebihan Adobe Dreamweaver

Dreamweaver memiliki banyak kelebihan. Berikuti ini beberapa kelebihan dreamweaver atau keuntungan dreamweaver
  • Dapat membuat kerangka website dengan mudah dan cepat
  • Tersedia berbagai macam tema/template
  • Memiliki 3 tampilan yaitu Code View, Design View dan Split View
  • Memiliki Fitur Preview/Live View
  • Kode yang dihasilkan ditulis secara rapi
  • Memiliki alat alat khusus untuk membuat program berbasis web
  • Mudah dioperasikan oleh pemula
  • Memiliki banyak plugin

Kekurangan Adobe Dreamweaver

Selain memiliki kelebihan, Dreamweaver juga memiliki kerugian. Berikut ini kekurangan dreamweaver
  • Harga software original-nya mahal

 Fitur Terbaru Adobe Dreamweaver CC

Adobe Dreamweaver terus melakukan pembaharuan. Berikut ini adalah fitur fitur terbaru yang disertakan dalam Adobe Dreamweaver CC
  • CSS Designer : Fitur visual editing untuk membantu membuat standar kode web dan menerapkan properti CSS seperti gradient dan shadows.
  • Starter Templates : Template khusus web yang bersifat responsif dan dapat diubah tata letaknya
  • Extract : Dapat mengubah desain web yang sudah dibuat di photoshop menjadi kode web secara otomatis
  •  Live View : Tersedia berbagai penambahan fitur seperti insert panel, keyboard shortcut dan HTML Tag Editor yang membuat proses editing lebih cepat dari sebelumnya
  • Full Support HTML5 : Mendukung secara penuh penggunaan HTML5, seperti streaming audio dan video.
dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Demikian pembahasan tentang Pengertian dan Fungsi Adobe Dreamweaver. Semoga bermanfaat.

3 komentar

ahirnya saya tahu, ternyata banyak fungsinya thanks atas infonya, semoga dapat menigkatkan ilmu saya untuk menggunakan aplikasi ini lebih baik

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon