Tuesday 14 April 2015

Jurusan di SMKN 1 Banyumas

Kompetensi keahlian di SMKN 1 Banyumas. Hai sobat semua, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang sekolah tempat saya belajar, yaitu SMKN 1 Banyumas. Bagi sobat yang masih duduk di bangku SMP dan bertempat tinggal di sekitar wilayah banyumas mungkin penasaran dengan sekolah ini.

smkn 1 banyumas logo

SMKN 1 Banyumas adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terletak di karesidenan banyumas, tepatnya di Jalan Pramuka No 1, Kabupaten Banyumas. Bersebelahan dengan Rumah Sakit Banyumas. Lokasi SMKN 1 Banyumas sangatlah strategis karena berada di karesidenan Banyumas. Oleh karena itu, SMKN 1 Banyumas sangat mudah diakses baik itu dari arah Cilacap, Banjarnegara, ataupun Purwokerto.

SMKN 1 Banyumas memiliki 4 jurusan yaitu Keuangan (Akuntansi), Administrasi Perkantoran, Tata Niaga (Pemasaran) serta Teknik Komputer dan Informatika (Teknik Komputer dan Jaringan). Lebih jelasnya akan saya bahas satu persatu

Jurusan Keuangan (Akuntansi)

Awalnya jurusan ini bernama Jurusan Akuntansi (AK), namun sejak Juli 2014 berganti nama menjadi Jurusan Keuangan (KU). Tapi tetap saja inti dari jurusan ini adalah mempelajari ilmu akuntansi. Ilmu akuntansi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan keuangan. Dalam jurusan ini kita akan diajari akuntansi dari awal mulai dari persamaan dasar akuntansi, mencatat transaksi kedalam jurnal, memasukannya kedalam buku besar, membuat laporan keuangan, jurnal penyesuaian dan jurnal penutup.

Selain diajarkan akuntansi manual, kita juga diajarkan komputerisasi akuntansi dengan program Microsoft Excel dan MYOB Accounting. Oh ya, dalam jurusan akuntansi ini, kita akan sering berhadapan dengan angka angka. Namun bukan berarti harus pintar matematika. Cukup mengerti saja, karena perhitungan yang ada dalam  akuntansi ini adalah perhitungan dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Untuk jurusan Keuangan, selama masa sekolah wajib untuk piket bergilir di Bank Mini Sekolah selama seminggu. Dan untuk Prakerin (Praktek Kerja Industri/Instansi) jurusan Keuangan biasanya ditempatkan di Kantor Keuangan seperti Bank, BKK, Koperasi, BPD, dan lain lain.

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jika ingin masuk jurusan ini, bersiaplah untuk sering berhadapan dengan surat. Ya, jurusan Administrasi Perkantoran sangat erat kaitannya dengan surat. Dalam jurusan ini, diajarkan berbagai ilmu yang berhubungan dengan dunia perkantoran. Contohnya tadi yaitu membuat surat, mengelola arsip, mengikuti rapat, membawakan presentasi, serta berkomunikasi dengan benar (indonesia & inggris).

Untuk jurusan Administrasi Perkantoran, selama masa sekolah wajib untuk piket bergilir di Tata Usaha selama seminggu. Dan untuk Prakerin (Praktek Kerja Industri/Instansi) jurusan Administrasi Perkantoran biasanya ditempatkan di Kantor seperti Kantor Sekretariat Daerah (SETDA), kantor Bupati, Dindukcapil, Kantor Pos, DPPKAD, dan sebagainya.  

Jurusan Tata Niaga (Pemasaran)

Kalau sobat suka berdagang, jurusan ini sangat cocok untuk dipilih. Dalam jurusan ini sobat akan diajari berbagai macam ilmu tentang pemasaran. Contohnya yaitu Display Produk, Strategi Promosi Produk, Menangani konsumen, dan lain sebagainya. Oh ya, dalam jurusan ini sobat tidak hanya diajari cara memasarkan produk, namun juga dituntut bisa untuk membuat produk. Untuk itulah setiap tahun diadakan bazar produk hasil olahan murid jurusan pemasaran.

Untuk jurusan Tata Niaga, selama masa sekolah wajib untuk piket di Supermarket Sekolah selama seminggu. Dan untuk Prakerin (Praktek Kerja Industri/Instansi) jurusan Tata Niaga biasanya ditempatkan di pusat perbelanjaan dan swalayan seperti Moro, Indorizky, Matahari, dan sebagainya.

Jurusan Teknik Komputer dan Informatika (Teknik Komputer dan Jaringan)

Jurusan ini baru muncul di SMKN Banyumas pada tahun 2012. Pada jurusan TKI ini, tentu saja hal yang paling sering dipelajari adalah komputer. Sobat akan diajari proses bongkar membongkar komputer, cara memperbaiki komputer, serta mengelola jaringan komputer. Selain Hardskill, ada juga softskill yang diajarkan dalam jurusan ini, yaitu pemrograman desktop dan pemrograman internet.

Untuk jurusan Teknik Komputer dan Informatika, selama masa sekolah wajib untuk piket di Lab Komputer selama seminggu (dulu seperti itu, kalau sekarang sepertinya beda). Sedangkan untuk Prakerin (Praktek Kerja Industri/Instansi) jurusan Teknik Komputer dan Informatika biasanya ditempatkan di tempat usaha yang berhubungan dengan komputer seperti Toko Komputer, Service Center, dll.


Nah, itu dia informasi seputar jurusan atau program studi di SMKN 1 Banyumas. Jika sobat punya pertanyaan, silakan sampaikan saja :)

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon