5 Alasan Kenapa Banyak Anime yang Bertempat di Sekolah

Didunia ini ada banyak sekali anime yang terdiri dari berbagai macam genre. Diantara genre anime, entah itu action, fantasy,  mystery, horror, romance, comedy, sampai ech* sekalipun, pasti ada yang mengambil tempat di sekolah. Kebanyakan diantaranya pasti seperti itu.

Saya juga berani menjamin kalau kalian sebagai anime lovers setidaknya pernah menonton anime yang mengambil tempat di sekolah, lebih dari satu kali. Atau mungkin anime seperti ini adalah anime yang paling banyak kalian simpan di hardisk pc/laptop. Ya kan ?

alasan kenapa banyak anime yang bertempat di sekolah

Anime yang mengambil tempat/setting di sekolah, lebih khususnya lagi School Life, memang mendominasi diantara genre anime lainnya. Dari banyak artikel yang saya tulis seperti 7 anime misteri terbaik, 7 anime dengan ost terbaik, 7 anime terbaik 2013 & 2014, pasti ada anime tentang sekolah yang masuk dalam daftar.

Pernahkah kalian berfikir, kenapa ada banyak sekali anime yang mengambil tempat di sekolah, atau menceritakan tentang kehidupan sekolah ? 

Jika kalian pernah bertanya tanya seperti itu, maka kalian berada di tempat yang tepat, karena pada artikel kali ini saya akan membeberkan tentang 5 alasan kenapa banyak anime yang mengambil tempat di sekolah.

Jadi kenapa anime banyak yang bertempat di sekolah ?

#1 Menyesuaikan Audien

Alasan pertama kenapa banyak anime yang mengambil setting di sekolah, adalah karena ingin menyesuaikan dengan audien/penontonnya. Kebanyakan orang yang menonton anime masih dalam masa pembelajaran, baik itu SD, SMP, SMA ataupun perguruan tinggi. Memang ada juga orang dewasa dan orang tua yang masih menonton anime, tapi tidak seantusias penonton yang masih sekolah.

Tentunya sebuah anime akan lebih bagus, jika kisah yang disajikan dekat dengan kehidupan penontonnya. Hal ini akan jadi daya tarik tersendiri. Anime ini pun akan lebih diingat oleh penontonnya.

Dan walaupun si penonton ini sudah dewasa, pastinya mereka pernah merasakan masa sekolah bukan ? saat melihat anime seperti ini pasti mereka akan teringat dengan masa sekolah dulu.

Lagipula, tiap orang pasti sudah tau dengan sistem sekolah. Jam pelajaran, istirahat, PR, ujian, naik kelas, festival sekolah, wisata sekolah, liburan, dan hal berbau sekolah lainnya, sudah diketahui oleh setiap orang, dan tidak perlu dijelaskan lagi.



#2 Pembuat Animenya, Juga Pernah Mengalami Masa Muda

Para pembuat anime, baik itu produser atau animatornya, adalah orang orang yang masa mudanya ada di era 90-2000an. Pada saat itu, kisah cinta anak SMA benar benar romantis. Saat itu mereka masih memiliki sifat malu malu dengan lawan jenis yang dicintai.

Tentunya mereka ingin menceritakan masa sekolahnya bukan ? Karena itulah muncul banyak anime romantis yang mengambil tempat di sekolah, contoh saya yang paling terkenal adalah anime Clannad. Memang pada saat ini ada juga anime sekolah romantis yang karakternya lebih terang terangan, namun menurut saya sendiri, rasa malu dengan lawan jenis ini adalah hal yang unik dan membuat anime lebih menarik untuk ditonton.

#3 Lebih Mudah untuk dibuat cerita


Anime yang mengambil tempat di sekolah, memang lebih mudah untuk dijadikan cerita. Tidak perlu memiliki alur cerita yang rumit, kehidupan sekolah biasa pun, bisa jadi ide cerita yang menarik. Kita lihat saja anime Danshi Koukosei no Ichijou, anime ini cuma menyajikan kisah sehari hari anak SMA, ditambah dengan humor. Atau anime Sket Dance, dimana karakternya membuat sebuah klub yang membantu siswa lain disekolahnya. Lebih simpel lagi Oregairu, hanya dengan memanfaatkan sifat tokoh utamanya yang benci bersosialisasi, anime ini menjadi cepat populer.

Anime sekolah juga memiliki karakteristik yang lebih beragam dibandingkan dengan anime lainnya. Tentunya sikap setiap orang didalam satu kelas berbeda beda bukan ? Ada yang pintar, yang populer, yang pendiam, yang koplak, yang pemalu, yang suka mencari masalah, dan sebagainya.  

 #4 Lebih Mudah untuk digambar

Para Animator biasanya meniru tempat yang ada didunia nyata, untuk kemudian digambar dan dimasukkan dalam anime. Dengan latar sekolah, tentunya menggambar jadi pekerjaan yang mudah, karena mereka bisa melakukan survei ke lokasi dengan mudah. Di setiap tempat pasti ada sekolah kan ?

Baju yang dikenakan oleh anak sekolah juga mempermudah perkerjaan para animator. Kebanyakan anime yang mengambil latar sekolah selalu menggunakan pakaian yang sama atau seragam untuk para karakternya. Tidak perlu membuat banyak desain untuk pakaian.

alasan kenapa banyak anime yang mengambil tempat di sekolah

Selain itu, seiring berjalannya waktu, para animator menjadi lebih terbiasa menghasilkan karya yang berhubungan dengan sekolah. Pastinya menggambar ruang kelas, lorong, atap dan lingkungan sekitar sekolah bukan menjadi hal yang sulit karena mereka telah terbiasa.

#5 Pengisi Suara Lebih Banyak yang Memiliki Suara Muda

Kalian suka dengan suara karakter yang imut bukan ? saya juga. Character Voice atau suara karakter dalam anime menjadi hal yang tak kalah penting. Pengisi suara yang memiliki suara muda, cenderung lebih disukai oleh audien. Karena itulah animenya pun mengikuti, dengan membuat karakter yang masih berusia muda alias masih duduk di bangku sekolah.

Ada banyak anime lovers yang menonton anime karena suka dengan pengisi suaranya. Contohnya saya, saya sangat menyukai pengisi suara Kirisaki di anime Nisekoi. 
Industri anime melihat hal ini sebagai peluang, mereka mulai meningkatkan popularitas para pengisi suaranya, mulai dari menyanyi/konser, radio show, photobook, dan lainnya. 

Kalian tidak asing dengan anime Love Live dan K-On bukan ? Kedua anime ini memiliki latar sekolah, juga mementingkan unsur musik dan suara karakternya.


Kalau cuma segitu mungkin kurang mantap ya? karena itu saya tambahkan juga tanggapan para anime lovers di internet tentang kenapa banyang anime yang bertempat di sekolah
  1. Coba pikir kembali, ada banyak hal hal menarik disekolah
  2. Mungkin ada seseorang yang berfikir kalau genre seperti ini disukai oleh semua negara
  3. Cara yang bagus, saya pikir anime seperti ini mudah dibuat dan mudah mendapatkan kepopuleran
  4. Karena lebih mudah dimengerti oleh para penonton, tanpa menyisipkan latar belakang tempatnya
  5. Hampir semua orang punya kehidupan sekolah, jadi akan lebih mudah bagi mereka untuk mengerti. Jika semua ceritanya original, maka akan sulit dimengerti oleh orang yang bukan kaitannya.
  6. Bukankah itu karena murid sekolah memiliki banyak waktu luang ? jika orang yang sudah bekerja meninggalkan pekerjaannya untuk bertarung, tidak akan realistis.
  7. Otaku jepang memiliki kehidupan sekolah yang sulit, jadi mereka berhayal tentangnya
Bagaimana pendapat kalian tentang hal ini ? kalian juga bisa memberikan pendapat kalian sendiri tentang kenapa banyak anime yang bertempat di sekolah. Caranya, cukup berkomentar di kotak komentar artikel ini. Bisa jadi komentar kalian juga akan saya masukkan dalam artikel ini :)


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : 5 Alasan Kenapa Banyak Anime yang Bertempat di Sekolah
Description : Didunia ini ada banyak sekali anime yang terdiri dari berbagai macam genre. Diantara genre anime, en...

0 Response to "5 Alasan Kenapa Banyak Anime yang Bertempat di Sekolah"

Post a Comment

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.