Thursday 7 May 2015

5 Anime yang mirip Oregairu

Anime seperti Oregairu. Saya yakin pasti banyak yang sudah nonton anime Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru atau lebih singkatnya Oregairu. Dan saya yakin juga kalau kebanyakan yang nonton anime ini pasti suka dengan karakter utamanya (Hikigaya Hachiman) yang memiliki sifat yang cuek dan tertutup. Karena sifat ini begitu mencerminkan para anime lovers yang biasanya tidak punya banyak teman.

Bagi kalian yang suka dengan anime Oregairu, pada postingan kali ini saya akan menyajikan 5 anime yang mirip Oregairu. Anime dibawah ini memiliki satu atau lebih kesamaan dengan Oregairu sehingga besar kemungkinan jika sobat suka anime Oregairu maka akan suka juga dengan anime berikut ini.

#1 Hyouka

anime yang mirip oregairu
Oreki Houtarou adalah siswa yang tidak suka membuang energi. Dia tidak ingin melakukan sesuatu, dan jika terpaksa harus melakukan, maka akan dia lakukan secepatnya. Karena sifatnya itu, dia tidak banyak diperhatikan oleh teman sekelasnya. Dia tidak mengikuti klub apapun disekolahnya. Tetapi, kakaknya menyuruhnya untuk bergabung ke klub Literatur klasik.

Di klub tersebut, dia bertemu dengan Eru Chitanda. Dia adalah gadis periang yang memiliki rasa ingin tau yang besar. Klub yang hanya beranggotakan 4 orang ini berhasil memecahkan banyak misteri berkat kepintaran dari Oreki. Terutama ketika mereka memecahkan antologi klub yang bernama "Hyouka".

Oreki dan Hikigaya sangatlah mirip. Mereka tidak berhubungan dengan orang lain jika itu tidak penting, dan mereka berdua terlibat dalam sebuah klub bukan karena kemauan sendiri.
Baca: 7 Anime Misteri Terbaik


#2 NHK ni Youkoso

anime yang mirip oregairu
Tatsuhiro Sato hidup beberapa tahun sebagai seorang hikkimori, orang yang mengunci dirinya didalam rumah, tidak meninggalkan rumahnya serta tidak bekerja. Dia bertemu dengan seorang gadis yang menanggap hikkimori adalah sesuatu yang menarik. Gadis itu, Misaki Nakahara, berusaha membantu Sato karena Misaki sedang mengadakan sebuah proyek bernama Nihon Hikkimori Kyoukai (NHK), yang tujuannya untuk membantu orang seperti Sato.

Tak lama setelah bertemu dengannya, Sato menyadari bahwa tetangga sebelahnya ternyata mantan teman sekelasnya, Kaoru Yamazaki. Kaoru adalah seorang otaku yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di pemrograman game dan meminta Sato untuk membantunya membuat game erotis.

Jika Oregairu bercerita tentang masa sekolah, NHK ni Youkoso bercerita tentang masalah sosial orang dewasa. Ceritanya tentang orang yang biasa dikucilkan oleh masyarakat seperti Otaku, Hikkimori, atau Lolicon.


#3 Watashi ga motenai no wa dou kangaetemo omaera ga warui! (Watamote)

anime mirip oregairu
Karena pengalaman besar dan popularitasnya dengan laki laki di Otome Games, Tomoko Kuroki mengira dia akan menjadi super populer ketika dia masuk SMA. Ternyata, kenyataannya jauh berbeda. Dia menjadi gadis yang selalu sendiri dan tidak berbicara dengan orang lain.

Karena tidak populer, dia hidup dalam ilusi dan menyalahkan orang lain atas keadaannya. Terkadang dia mencoba bersikap lembut, tapi selalu berakhir dengan kesalahpahaman dan membuat orang lain menjauh darinya.

Oregairu punya tokoh utama yang penyendiri dan diabaikan orang lain. Sedangkan karakter dari Watamote sangatlah gelap dan selalu mengeluh tentang orang lain. Mereke setipe. Selain itu, kesamaan dari kedua anime ini adalah judulnya yang panjang, sampai disingkat.


#4 Kokoro Connect

anime seperti oregairu
Bercerita tentang 5 orang siswa yang tergabung dalam sebuah klub Penelitian Budaya Siswa. Taichi, Iori, Himeko, Yoshifumi dan Yui adalah para siswa SMA biasa, sampai sebuah fenomena aneh terjadi pada mereka. Suatu hari, mereka berlima bertukar tubuh.

Fenomena aneh ini berlangsung beberapa menit tapi terus berulang dan acak. Orang yang bertanggung jawab atas fenomena ini adalah "Heartseed". Dia mempunyai banyak rencana untuk para anggota klub dan membahayakan pertemanan mereka.
Seperti Oregairu, kebanyakan karakter sulit mengendalikan apa yang mereka bicarakan sehingga sering terjadi konflik pertemanan.  Karena fenomena pertukaran tubuh ini, mereka harus belajar bagaimana berurusan dengan diri mereka dan orang lain.


#5 Boku wa Tomodachi ga Tsukunai !


anime seperti oregairu
Kodaka Hasegawa adalah murid pindahan di Akademi St Chronica. Karena rambut pirangnya dan penampilannya, dia dikira sebagai anak nakal. Itulah mengapa dia sangat susah untuk mendapatkan teman, walaupun dia mencoba untuk baik kepada setiap orang.

Suatu hari, dia bertemu dengan Yozora Mikazuki, seorang gadis penyendiri  sepertinya saat dia sedang berbicara dengan teman khayalannya. sadar bahwa mereka berdua kesepia dan ingin memiliki teman, Yozora memutuskan untuk membuat sebuah klub untuk orang yang tidak memiliki teman, seperti mereka.

Seperti di Oregairu, tokoh utama terlibat dalam sebuah klub dimana dia tidak berniat untuk masuk, dan banyak karakter aneh yang ikut. Semua anggota merasa kesulitan untuk mencari teman karena mereka diabaikan dan dijauhi.



Itu dia 5 anime yang seperti Oregairu. Adakah anime lain yang mirip dengan Oregairu ? cantumkan di kotak komentar :)
Baca juga: 7 Anime dengan OST Terbaik

1 komentar so far

Wut Hyouka...

oklah karakternya emang "agak" mirip
but premis ceritanya menurut ane berbeda sangat jauh(banget)
di hyouka lebih mentingin logika dalam membangun alur cerita
dan oregairu lebih ke bagaimana hubungan antar karakter ...

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon