Thursday 21 May 2015

Pengertian Microsoft Lync dan Fungsi Ms Lync

Pengertian Microsoft Lync dan Fungsi ms Lync 2007 2010 2013. Microsoft Lync adalah sebuah aplikasi chatting atau instant messenger yang dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari Microsoft Office. Lync adalah gabungan dari dua kata yaitu Link yang artinya menggabungkan dan Sync yang artinya mensinkronkan. Sehingga aplikasi ini diharapkan akan menjadi solusi bagi orang orang untuk dapat berkomunikasi dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Fungsi Microsoft Lync

pengertian microsoft lync fungsi ms lync
Tidak banyak orang yang mengetahui tentang Microsoft Lync, padahal ms Lync ini memiliki banyak kegunaan. Ms Lync bisa digunakan sebagai sarana chatting/instant messenger dengan rekan rekan kerja, dengan catatan mereka juga menggunakan aplikasi Microsoft Lync. Selain itu, Microsoft Lync juga dapat digunakan untuk melakukan telepon, video call, mengirim fax, berbagi file dan remote desktop user.

Lync juga memiliki fungsi dasar yang dapat melacak kehadiran dan posisi seseorang yang sedang melakukan komunikasi dengan kita. Lokasi dari orang tersebut akan diperbaharui secara otomatis sesui dengan jaringan yang diakses. Misalnya saja home, work, atau kafe. 

Selain itu, Lync akan otomatis memperbaharui status sesuai kegiatan yang telah dijadwalkan pada kalender, contohnya saja jika anda sedang meeting. Saat anda sedang menelpon, status akan berubah menjadi In Call, saat anda sedang tidak aktif, status akan berubah menjadi Inactive. Hal ini akan membuat kegiatan anda dapat diketahui oleh lawan bicara tanpa perlu memberitahunya.

Ms Lync memiliki tampilan antarmuka yang khusus. Terdiri dari layanan pesan teks, suara, video, daftar kontak, chat room, kirim file, sampai sharing desktop. Saat ini perusahaan perusahaan telah menggunakan Lync karena terbukti aplikasi ini sangat memudahkan komunikasi.

Sejarah Microsoft Lync

Microsoft merilis aplikasi Lync 2010 pada 25 Januari 2011. Perusahaan ini telah merilis versi sebelumnya, Office Communicator 2007 R2, pada 19 Maret 2009. Versi yang lebih lawas lagi adalah Office Communicator 2007 yang dirilis pada 27 Oktober 2007. Aplikasi ini memerlukan sistem operasi Windows 7, Windows Vista, atau Windows XP dengan Service Pack 2 atau lebih.

Microsoft Lync 2010 dirilis untuk Windows Phone, Android dan iOS pada Desember 2011. Sedangkan Lync dan Lync Server 2013 dirilis pada tahun 2012.

Pada tanggal 11 November 2014, Microsoft mengumumkan bahwa pada tahun Ms Lync akan diganti dengan Skype For Business di tahun 2015. Aplikasi ini menggabungkan fitur dari Lync dan Skype. Pada April 2015, Microsoft resmi meluncurkan Skype for Business.

Fitur Fitur yang dimiliki Microsoft Lync

Fitur dasar yang dimiliki oleh Lync adalah
  • Instant Messaging
  • Voive Over IP (VoIP)
  • Konferensi video didalam aplikasi client
Sedangkan fitur lanjutan yang bisa didapatkan dengan menghubungkan aplikasi ini dengan aplikasi Microsoft lainnya adalah
  • Kontak yang ada pada Ms Outlook dapat tersimpan di Microsoft Exchange Server
  • Pengguna dapat mengambil daftar kontak dari layanan direktori lokal seperti Microsoft Exchange Server
  • Microsoft Office dapat terlihat jika orang lain bekerja dalam dokumen yang sama
  • Semua komunikasi antara client berlangsung melalui Microsoft Lync Server. Ini membuat koneksi lebih aman, karena pesan tidak perlu meninggalkan jaringan intranet perusahaan, tidak seperti Windows Live Messenger. Server dapat diatur untuk menyampaikan pesan ke jaringan pesan instant lain sehingga kita terhindar dari pemasangan aplikasi tambahan disisi client.
  • Ada beberapa tipe client yang tersedia untuk Ms Lync, termasuk client mobile
  • Menggunakan SIP sebagai dasar komunikasi protokol client
  • Mendukung TLS dan SRTP untuk mengenkripsi dan mengamankan sinyal dan lalu lintas media
  • Mendukung pembagian file
Dengan dirilisnya Lync Server 2013 pada Oktober 2012, muncul fitur baru yang bernama "Persistent Group Chat". Fitur ini  memungkinkan chatting banyak orang sekaligus  dan seluruh percakapannya akan tersimpan secara otomatis sehingga dapat diakses kapan saja. Sayangya fitur ini hanya berlaku di Ms Lync yang dirilis di sistem operasi.

Selain itu, Lync 2013 juga memperkenalkan fitur berikut ini

pengertian microsoft lync fungsi ms lync
  • Kolaborasi melalui dokumen Whiteboard, dimana perserta dapat berbagi teks, gambar dan penjelasan grafis
  • Kolaborasi melalui dokumen Powerpoint, dimana peserta dapat mengatur dan melihat presentasi, serta memungkinkan semua orang untuk menambahkan teks, gambar dan penjelasan grafis
  • Daftar polling, dimana presenter dapat membuat polling, sementara para peserta melakukan voting dan melihat hasilnya
  • Berbagi Desktop, dengan memperbolehkan peserta untuk melihan dan berkolaborasi dalam layar Windows
  • Berbagi Aplikasi Windows, dengan memperbolehkan peserta untuk melihat dan berkolaborasi di aplikasi tertentu
Semua sesi kolaborasi otomatis diterapkan sebagai konferensi, sehingga client dapat mengundang lebih banyak kontak. Penyelenggara konferensi dapat menunjuk peserta sebagai presenter atau menurukannya kembali menjadi peserta.

Demikian artikel tentang pengertian microsoft lync serta fungsi ms lync. Semoga bermanfaat :)

1 komentar so far

Wah, keren. sangat bagus artikelnya! Jangan lupa kunjungi skype for business sekarang ms. liync jadi skype for business!

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon