Tuesday 7 October 2014

Sejarah Bento, Nasi Kotak Khas Jepang

Sejarah Bento, Nasi Kotak dari Jepang. Bagi sobat yang sering nonton anime mungkin tidak asing lagi dengan Bento. Sering  dalam sebuah anime, ditampilkan seorang anak SMA yang pada jam istirahat memakan bento yang dibawanya dari rumah. Nah, sebenarnya apa itu bento dan bagaimanakah asal usul Bento ?

sejarah bento jepang

Bento adalah bekal makanan yang dibawa dari rumah. Membawa bekal makanan ketika bepergian sudah menjadi kebiasaan orang Jepang. Bento biasanya dikreasikan kedalam berbagai bentuk yang menarik dan menggoda. 

Sejarah bento berawal sejak tahun 1568 sampai 1600an. Saat itu orang Jepang mulai mengenal gaya hidup memakan santapan di luar rumah. Makanan yang dibawa biasanya diletakkan dalam kotak kayu yang dipernis. Lalu kebiasaan ini mulai deikenal sebagai kebiasaan makan praktis yang biasa dilakukan saat upacar minum teh atau hanami.

Pada tahun 1600-1800an (zaman edo), kebudayaan bento makin meluas di kalangan rakyat jepang. Pasa zaman itu, jika berpergian orang jepang akan membawa bento yang kemudian ditaruh di pinggang mereka, atau disebut koshikobento . Lambat laun kebiasaan membawa bento menyebar luas. Hingga bento popular di kalangan pelajar. Mereka pergi ke sekolah dengan membawa bento.

Kebiasaan membawa bento sempat dihentikan pada tahun 1912-1926, saat itu perang dunia pertama terjadi dan timbul gerakan sosiall yang melarang anak untuk membawa bekal ke sekolah. Membawa bento dianggap akan menimbulkan kesenjangan sosial antara orang kaya dan orang miskin (menjadi ajang pamer kekayaan).

Lalu bento kembali popluer pada tahun 1980-an. Sejak itu mulai banyak toko yang menjual bento. Isi bento pun mulai bervariasi, tidak hanya onigiri saja. Bento mulai dikreasikan dengan dihias menggunakan sosis dan nori .

kreasi bento jepang

Bahkan saat ini para ibu rumah tangga mulai kreatif menyiapkan bento sebagai bekal. Bentuk bento kini tidak hanya nasi dan lauk pauk saja, melainkan dibentuk seperti binatang, buah, atau karakter kartun.

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon