Wednesday 31 December 2014

Cara Bermain Catur dan Trik Bermain Catur dengan Baik dan Benar

Strategi catur dan teknik bermain catur. Catur adalah permainan papan yang mengasah strategi dan kemampuan mental pemainnya. Permainan catur dimainkan oleh 2 orang, satu lawan satu. Tetapi pada keadaan tidak resmi terkadang dimainkan satu lawan banyak orang (saya sering mengalaminya).

Catur memiliki dua warna yaitu hitam dan putih. Pemain yang memiliki bidak putih berhak untuk memulai permainan terlebih dahulu. Kemudian diikuti oleh pemain dengan bidak hitam. Terus seperti itu sampai permainan selesai. Permainan selesai bila raja dari salah seorang pemain mati atau skak mat.
 

Sejarah Catur

sumber gambar : www.pxleyes.com

Sejarah permainan catur memiliki beberapa versi. Ada yang mengatakan catur berasal dari India, pada abad ke 6. Pada saat itu catur dikenal sebagai "chaturanga" yang berarti empat unsur terpisah. Karena pada awalnya bidak catur hanyalah 4 jenis. Ada lagi yang mengatakan bahwa Cina yang terlebih dahulu menemukan permainan ini. Hal ini dibuktikan oleh syair yang dibuat oleh para pujangga cina 800 tahun sebelumnya.

Pada saat itu bentuk arena catur tidak berbentuk kotak kotak seperti sekarang ini, melainkan bulat bulat. Jumlah bidak catur juga hanya 4 buah yang terdiri atas raja, benteng, ksatria (kuda), dan uskup (gajah).

Pada abad ke 6, permainan catur disebarkan oleh orang islam dari India dan Persia ke seluruh dunia. Sehingga catur menjadi permainan yang populer. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa panglima perang umat islam, Khalid bin Walid juga menggemari catur. Mungkin saja ini yang menyebabkan beliau pandai mengatur strategi perang.

Cara Bermain Catur Bagi Pemula

Untuk seorang pemula yang baru mengenal catur, atau bahkan baru tau permainan catur, sebaiknya mengenal dulu jenis jenis bidak catur. Ini dia macam macam bidak catur

# PION (Pawn)

Adalah bidak paling dasar dan bidak yang memiliki posisi paling rendah dalam catur. Pada awal permainan, sobat akan memiliki 8 buah pion. Pion hanya boleh bergerak maju, tidak boleh mundur dalam keadaan apapun. Normalnya pion hanya boleh bergerak maju satu kotak, namun pada gerakan pertama pion dapat bergerak dua kotak. Pion dapat menangkap (memakan) bidak lawan secara diagonal apabila bidak lawan berada satu petak diagonal didepannya. Ketika pion memasuki daerah lawan (daerah paling bawah lawan), pion akan mendapatkan promosi yaitu bisa berubah menjadi bidak yang telah dimatikan lawan. Pion bisa berubah menjadi apa saja, kecuali raja.

# BENTENG (Rook)

Benteng adalah bidak yang berbentuk seperti menara istana. Bidak ini dapat bergerak secara horizontal dan vertikal sejauh mungkin asalkan tidak ada yang menghalangi jalannya (tidak bisa melompati bidak lain). Benteng bisa menyerang bidak lawan yang ada pada jalurnya. Pada awal permainan, setiap pemain memiliki 2 benteng yang terletak di setiap sudut papan catur. 

Benteng memiliki kemampuan khusus yaitu bisa melakukan Rokade. Apa itu Rokade ? Rokade adalah menukar posisi raja dan benteng. Rokade dapat dilakukan dengan syarat sebagai berikut
  • Raja belum pernah bergerak
  • Benteng yang digunakan untuk rokade belum pernah bergerak
  • Tidak boleh ada bidak diantara raja dan benteng yang dipilih
  • Raja tidak dalam keadaan skak
  • Raja tidak boleh melintasi kotak yang diserang bidak lawan
  • Raja tidak harus berakhir dalam skak
  • Raja dan benteng yang dipilih harus dalam barisan yang sama.
*dikutip dari wikipedia

Aturan rokade tidak berlaku dalam perlombaan catur di Asia.

# GAJAH (Bishop)

Kadang disebut juga peluncur/menteri (didaerah saya, nggak tau kalau didaerah lain). Gajah adalah bidak yang berbentuk seperti topi menteri. Gajah dapat bergerak secara diagonal sejauh mungkin asalkan tidak ada bidak yang menghalanginya. Bidak ini memakan bidak lawan dengan cara diagonal juga.

# KUDA (Knight)

Kuda adalah bidak yang dilambangkan dengan kepala kuda. Kuda adalah bidak catur yang paling rumit. Bidak ini bergerak dengan bentuk "L", yaitu dua kotak horizontal dan satu kotak vertikal (memanjang dua kotak melebar satu kotak). Kuda adalah satu satunya bidak yang dapat melompati bidak lain. Kuda hanya bisa menyerang bidak yang berada di kotak yang ditempatinya. 

# RATU (Queen)

Ratu adalah bidak yang memiliki mahkota. Adalah bidak yang paling berkuasa. Bidak ini memiliki gerakan kombinasi dari benteng dan gajah. Dengan kata lain, Ratu dapat bergerak dan menyerang secara horizontal, vertikal, maupun diagonal sejauh mungkin, tetapi tidak bisa melompati bidak lain.

# RAJA (King)

Raja adalah bidak yang memiliki lambang salib. Adalah bidak yang paling penting dalam permainan catur. Raja dapat bergerak dan menyerang kemana saja, tetapi hanya satu kotak. Raja tidak dapat melompati bidak lain. Jika Raja dalam keadaan diserang dan tidak ada jalan untuk keluar, maka pemain tersebut kalah (skak mat).

Masing masing bidak catur memiliki poin terkuat
  • Pion memang terlihat lemah, tapi bisa digunakan untuk memancing/menjebak lawan agar bisa mendapatkan bidak yang  lebih berharga.
  • Benteng memiliki jarak gerak yang panjang. Paling baik pada barisan terbuka
  • Gajah unggul pada posisi terbuka. Tapi terkadang para pemain pemula meremehkan bidak ini sehingga tidak bisa menggunakannya secara maksimal (termasuk saya :D)
  • Kuda adalah bidak yang cocok untuk serangan mendadak/tiba tiba. Kuda juga dapat melewati bidak lain
  • Ratu adalah bidak yang paling bisa diandalkan. Karena itu gunakanlah dengan benar dan jangan sampai dimakan oleh lawan
  • Raja adalah bidak yang paling berharga. Kehilangan raja berarti kekalahan.

Permainan catur

Posisi Bidak/buah Catur

Untuk mengetahui posisi bidak atau buah catur yang benar, silakan lihat gambar dibawah ini

posisi bidak buah catur
  • Pion diletakkan di barisak kedua didepan
  • Benteng diletakkan di tiap sudut sisi papan anda
  • Kuda diletakkan disebelah tiap benteng
  • Gajah diletakkan di sebelah tiap kuda
  • Ratu diletakkan di kotak yang tersisa, tergantung warnanya. Jika anda memiliki ratu putih letakkan di kotak putih. Jika ratu hitam di kotak hitam
  • Raja diletakkan di kotak yang tersisa

Mengenal Apa itu Skak 

Skak adalah keadaan dimana raja anda sedang diserang oleh bidak lawan. Dalam keadaan skak, anda harus bergerak keluar (menghindari serangan lawan). Untuk keluar dari skak, ada 3 cara
  • Memindahkan raja ke kotak aman. Kotak aman maksudnya adalah kotak dimana raja tidak dalam posisi skak/tidak dalam keadaan diserang
  • Menangkap/memakan bidak yang melakukan skak. Atau memakan bidak yang menyerang raja
  • Melindungi raja dengan cara menghalangi serangan dengan salah satu bidak. Hal ini tidak bisa dilakukan jika raja diserang oleh kuda atau pion.
Jika ketiga cara diatas tidak bisa dilakukan, maka anda terkena SKAK MAT. Permainan berakhir, anda kalah. 

Trik, Strategi, Teknik dan taktik catur

Strategi Catur dan Trik Bermain Catur

#1 Gunakanlah semua bidak anda. Jangan hanya menggunakan satu buah. Banyak pemula yang menggunakan sedikit bidak, dan bidak lainnya tertinggal dibelakang. Saat itulah lawan akan mudah menangkap bidak anda.

#2 Pada pembukaan, gerakan satu atau beberapa pion untuk maju. Hal ini agar para bidak di baris pertama bisa keluar dan memasuki arena pertarungan dengan mudah. Membuat kekuatan menyerang anda lebih kuat.

#3 Kendalikanlah arena bagian tengah. Saat berada dibagian tengah, bidak bisa bergerak ke banyak arah. Misalnya saja kuda, jika diletakkan di samping kuda hanya mempunyai 2 pergerakan, sedangkan bila diletakkan di tengah, kuda bisa memiliki 8 pilihan untuk bergerak. Karena itu, dominasilah bagian tengah secepat mungkin.
#4 Jangan Mengorbankan bidak anda tanpa guna. Anda memang boleh mengorbankan bidak anda untuk mendapatkan bidak lain yang jauh lebih tinggi, atau untuk menjebak lawan. Tapi janganlah anda mengorbankan bidak anda tanpa alasan yang jelas. Berikut ini nilai poin masing masing bidak catur
  • Pion bernilai satu
  • Gajah bernilai tiga
  • Kuda bernilai tiga
  • Benteng bernilai lima
  • Ratu bernilai sembilan
  • Raja tidak ternilai, karena jika kehilangan raja, anda kalah.

#4 Lindungi Raja. Raja adalah bidak paling penting dalam permainan catur. Selain berkonsentrasi mengalahkan lawan, anda juga harus memikirkan keselamatan raja sendiri. Lakukan rokade bila perlu. Dan pastikan raja dapat kabur atau dilindungi apabila lawan anda menyerang/melakukan skak.

Teknik bermain catur

Berikuti ini adalah teknik bermain catur yang bisa anda coba
  1. Mulai permainan dengan langkah pasti. Anda bisa menggerakkan satu pion dengan dua kotak, atau dua pion masing masing satu kotak.
  2. Sebelum menjalankan gajah, pastikan kuda sudah dijalankan. Kuda bisa mengobrak abrik pertahanan lawan karena bergerak dengan huruf L dan bisa melompati bidak lawan
  3. Disarankan untuk menjalankan gajah terlebih dahulu sebelum benteng.
  4. Bidak bidak besar seperti gajah, kuda dan benteng harus menjaga para pion agar tidak dimakan lawan. Jangan terlalu sering mengorbankan pion, karena disaat terakhir anda bisa menggunakan para pion untuk mendapatkan promosi jabatan :D.
  5. Gunakanlah tipuan, namun tetap pasang wajah biasa saja, agar lawan tidak menyadari.
  6. Pakailah teknik dan strategi yang sulit diterka oleh lawan.
  7. Mengorbankan salah satu bidak boleh anda lakukan jika anda bisa mendapat bidak dengan jabatan yang lebih tinggi. misalnya mengorbankan gajah untuk mendapat benteng. Namun itu semua tergantung keadaan, tidak selamanya tindakan ini benar.

Tips bermain catur

  • Perhatikan gerakan lawan dengan hati hati
  • Milikilah paling tidak satu bidak yang paling berguna di tengah papan.
  • Semakin banyak pion yang anda punya, semakin anda bisa melindungi raja
  • Jangan melakukan skak mat dengan cepat. Periksa dahulu mungkin saja itu adalah jebakan lawan
  • Pertimbangkanlah sebelum melakukan rokade. Karena rokade dalam keadaan yang tidak tepat bisa mengakibatkan raja berakhir dalam skak mat.
  • Jangan frustasi ketika anda kalah. Tapi koreksilah mengapa anda kalah dan cobalah ganti strategi
  • Belajarlah dari kesalahan.
  • Pelajari teknik perangkap catur agar bisa menjebak lawan anda.

Yang harus dihindari saat bermain catur

  • Jangan hanya menggerakkan kuda kesana kemari. Hanya karena kuda bisa melakukan banyak skak 
  • Jangan menskak raja lawan terlalu cepat
  • Jangan meletakkan bidak dalam posisi yang bertumpuk. Maksudnya jangan sampai para bidak berada dalam posisi saling berdekatan. Bidak tidak akan bisa bergerak secara leluasa.
  • Jangan stress. tetaplah tenang walaupun anda pemula

Manfaat Catur

Permainan catur memiliki banyak manfaat. Saya sendiri sering bermain catur pada di waktu luang, terutama pada saat stress dan suasana tidak menentu :D. Oke ini dia beberapa manfaat bermain catur
  1. Meningkatkan IQ
  2. Membantu mencegah Alzheimer
  3. Melatih kedua sisi otak
  4. Meningkatkan kreativitas
  5. Meningkatkan memori
  6. Meningkatkan keterampilan memecahkan masalah
  7. Meningkatkan konsentrasi
  8. Meningkatkan kemampuan membaca
  9. Menumbuhkan dendrit (pada sel sel otak)
  10. Mengajarkan perencanaan dan pandangan ke depan

Nah, itu dia postingan tentang cara bermain catur dan trik bermain catur serta strategi dan teknik bermain catur. Untuk anda yang ingin mengatahui lagi tentang catur silakan baca cara belajar catur dengan aplikasi lucas chess.

    1 komentar so far

    Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

    EmoticonEmoticon