Saturday 27 December 2014

Game yang bisa membuat kamu pintar bahasa inggris

Hai sobat semua..tidak selamanya game memiliki dampak yang buruk. Game juga memiliki dampak positif salah satunya yaitu melatih kemampuan berbahasa inggris. Apa benar bisa ? jelas bisa sob, asalkan game yang dimainkan menggunakan bahasa inggris. Dan bukan hanya itu, jika ingin lebih lancar dalam berbahasa inggris, mainkanlah game yang banyak pembicaraanya. Jangan kira dengan bermain sembarang game, sobat bisa lancar berbahasa inggris :D

Jadi game apa yang bisa bikin kita pintar bahasa inggris ?  Yang pasti adalah game RPG (role playing game). Game RPG pasti mempunyai alur cerita dan terlibat banyak pembicaraan. Selain game RPG ada pula game game lain yang membantu kita belajar bahasa inggris, contohnya game strategy, card battle, dll. Lebih jelasnya, ini dia game yang bisa membantu sobat belajar bahasa inggris :D

1. Pokemon

game pintar bahasa inggrisgame pintar bahasa inggris

Sobat mengenal anime pokemon bukan? Anime Pokemon sebenarnya diangkat dari sebuah game. Game Pokemon adalah game RPG terbaik menurut saya. Game ini pertama kali saya mainkan saat kelas 8 SMP di handphone saja yang jadul. Game ini penuh dengan percakapan bahasa inggris, jika sobat sering memainkannya, akan banyak kosakata baru yang bisa didapat.

Game pokemon terdiri dari beberapa jenis. Ada jenis NDS yang bisa sobat mainkan di laptop, serta jenis GBA & GBC yang bisa sobat mainkan di handphone. Inti dari game ini, kita disuruh untuk menangkap pokemon, memeliharanya, lalu melatihnya dengan bertarung. Setelah itu kita harus menjelajah region untuk mengumpulkan lencana guna menjadi master pokemon.

2.Yu-Gi-Oh !

game pintar bahasa inggris

Kalau game ini sangat jelas melatih kemampuan bahasa inggris sobat. Pasalnya game Yu-Gi-Oh adalah game berbasis strategi-card. Dalam game ini kita bertarung melawan duelist lain dengan kartu monster. Ada banyak monster yang memiliki kemampuan khusus, untuk mengetahui apa kemampuannya, sobat harus membaca deskripsi kartu (tentunya dalam bahasa inggris). Selain itu, ada banyak kartu sihir dan jebakan yang mempunyai efek tertentu. Sobat juga harus membaca deskripsinya agar bisa menggunakan kartu ini.

Pertama kali memainkan game ini, saya sempat kebingungan karena waktu itu bahasa inggris saya masih sangat terbatas. Tapi jika sering bermain, maka lama kelamaan akan maksud. Jika kesulitan, sobat bisa menggunakan kamus, atau mencoba kartu satu persatu untuk melihat efeknya sendiri.

3. Final Fantasy

game pintar bahasa inggris

Siapa yang tidak tau game ini ? Game Final Fantasy adalah game RPG buatan Nintendo. Seperti namanya (final), game ini adalah game terakhir yang dibuat oleh produser game karena waktu itu sedang terancam bangkrut. Tapi ternyata seri "terakhir" ini malah populer, akhirnya serinya terus berlanjut sampai sekarang ini (Final Fantasy 15).

Game Final Fantasy dari setiap generasi mempunyai alur cerita yang berbeda beda. Intinya, ini adalah game RPG dimana kita memainkan peran sebagai pahlawan dan melawan monster monster yang mengancam dunia. Sama seperti Pokemon, game ini juga banyak memiliki percakapan.

4. Star Ocean

game pintar bahasa inggris

Game ini sama dengan game Pokemon dan Final Fantasy, yaitu game RPG. Battle dalam game ini lebih seru dibandingkan Final Fantasy. Saya sudah pernah menamatkan game ini, dan menurut saya, alur cerita yang digunakan sangat bagus. Ketika bermain game ini, pastikan sobat memperhatikan apa yang dikatakan oleh para karakter, karena jika tidak, kemungkinan sobat akan bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya.


Nah, itu dia game game yang bisa melatih kemampuan bahasa inggris sobat. Masih banyak game yang seperti ini, cuma saya sebutkan 4 karena itu game yang sering saya mainkan dan terbukti melatih kemampuan bahasa inggris. Bagaimana dengan sobat ? game apa yang menurut sobat melatih kemampuan bahasa inggris ?

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon