Manfaat Ganti Domain dan Mitos Ganti Domain

Manfaat beli domain TLD. Hai sobat semua..tidak terasa sudah sebulan lamanya saya mengganti domain blog saya dari burung-net.blogspot.com ke burung-net.com . Dulu saya pernah menulis postingan tentang Ganti Domain atau Tidak ? Keuntungan dan Kerugian ganti domain. Dalam postingan itu saya mengutarakan kebimbangan saya tentang akan ganti domain ataukah tidak. Saya juga menyertakan beberapa keuntungan dan kerugian ganti domain. Namun itu semua masih perkiraan, karena saya belum pernah ganti domain sebelumnya. Nah, setelah 1 bulan saya menggunakan domain ini, saya sudah tau keuntungan dan kerugian ganti domain yang sesungguhnya. Bahkan saya juga menemukan mitos tentang ganti domain. Oke langsung  saja akan saya mulai dengan keuntungan dan kerugian ganti domain.

manfaat ganti domain dan mitos ganti domain

Catatan : Ganti domain yang saya maksudkan disini adalah upgrade domain dari domain biasa ke top level domain(TLD) seperti .com, .net, .biz, .id, .us dan lain lainya.
 

Keuntungan Ganti Domain ke TLD



#1 Lebih Keren

Ya, ganti domain memang akan membuat blog kita menjadi lebih keren. Bagaimana tidak ? blog sudah terbebas dari subdomain yang panjang. Alamat blog kita menjadi lebih profesional. Selain itu ugrade domain ke TLD juga akan memudahkan para pengunjung untuk mengingat alamat blog kita. Para Netter juga lebih percaya dengan situs yang menggunakan domain TLD daripada situs yang menggunakan domain biasa (tapi tidak semua orang seperti ini sih). 

#2 Lebih Mudah Diindex Mesin Pencari

Ini sudah saya buktikan sendiri. Ketika saya masih menggunakan domain bawaan blogspot, dalam statistik blog saya melihat bahwa pengunjung yang datang ke blog saya kebanyakan berasal dari mesin pencari Google. Setelah ganti domain ke burung-net.com, statistik blog saya menjadi lebih bervariasi karena ternyata ada pengunjung blog saya yang berasal dari mesin pencari bing, yahoo, baidu dan beberapa mesin pencari lagi yang saya lupa namanya. Jadi jelas sekali kalau ganti domain akan memepermudah blog kita diindex oleh mesin pencari.

#3 Blog jadi lebih rame

Karena kedatangan trafik dari mesin pencari selain google, otomatis statistik tayangan akan meningkat dan blog jadi semakin rame. Hal ini juga saya alami sendiri. Setelah ganti domain saya tetap update artikel, perlahan lahan pengunjung merangkak naik dari sebelumnya. Namun semua ini relatif, jika setelah ganti domain sobat malah malas malasan dan tidak update, ya bukan salah saya dong kalau blognya jadi tambah sepi.


Itu dia 3 keuntungan ganti domain. Kenapa cuma tiga ? karena ketiga hal itulah yang sudah saya buktikan sendiri, tidak hanya asal omong atau copas blog lain. Selanjutnya setelah keuntungan ada juga kerugian ganti domain yaitu.

Kerugian Ganti Domain ke TLD


#1 Alexa Rank Kembali Nol 

Setelah ganti domain, jangan kaget jika alexa rank blog sobat yang tadinya bagus menjadi nol kembali seperti blog baru. Semua blog yang ganti domain pasti awalnya mengalami hal ini. Jangan khawatir dengan alexa rank yang kembali nol, karena seiring berjalannya waktu (1 atau 2 bulan) posisi alexa akan normal kembali asalkan sobat juga tidak malas malasan. Oh ya, alexa rank sebenarnya tidak penting, karena sama sekali tidak mempengaruhi posisi kita di google. Situs yang mempunyai alexa rank bagus tidak menjamin posisinya akan bagus di google, karena google tidak memperhitungkan alexa rank suatu situs untuk hasil pencarian.

#2 Backlink Kembali Nol 

Semua backlink yang sobat buat selama blog masih menggunakan domain bawaan, akan menghilang ketika ganti domain. Hal ini juga wajar, karena alamat blog juga berubah. Jadi bagi sobat yang sudah punya banyak sekali backlink sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengganti domain. 


Itu dia kerugian yang saya alami setelah ganti domain. Namun kerugian itu bukanlah apa apa karena hanya bersifat sementara. Selain keuntungan dan kerugian ganti domain, saya juga akan membahas tentang sesuatu yang kontroversial yaitu Mitos Tentang Ganti Domain . Ya, ternyata ada juga kabar yang tidak benar tentang ganti domain. Awalnya saya juga sempat percaya dengan mitos ini, namun setelah 1 bulan saya memakai domain TLD ternyata saya tidak mengalami hal tersebut. OK daripada penasaran, ini dia mitos tentang ganti domain.

Mitos Ganti Domain ke TLD


#1 Posisi blog/artikel kita di google akan turun atau terombang ambing

Mungkin banyak orang yang percaya bahwa dengan ganti domain maka posisi artikel blog di google akan turun atau terombang ambing. Saya tidak memaksa sobat semua untuk percaya, hanya saja saya tidak mengalami hal ini. Posisi artikel saya di google setelah ganti domain tidak menurun atau terombang ambing. Malah ada beberapa artikel yang naik posisi.

Setelah ganti domain, saya selalu takut dengan kabar ini. Kebanyakan pengunjung blog saya berasal dari mesin pencari google. Tidak terbayang rasanya jika posisi blog di google turun atau bahkan hilang. Pasti blog saya akan sepi layaknya kuburan. Karena itu setiap hari saya selalu menyempatkan diri untuk mengecek posisi artikel saya di google. Hari pertama saya cek, masih di posisi satu, namun alamatnya masih burung-net.blogspot.com . Hari kedua dan seterusnya juga demikian. Setelah satu minggu saya cek lagi, alamatnya sudah berubah jadi burung-net.com . Posisi di google masih belum turun. Dan sampai sekarangpun demikian.

Kesimpulannya menurut saya, ganti domain tidak begitu mempengaruhi posisi di google. Jika posisi artikel sobat turun, mungkin saja itu karena ada orang lain yang membuat artikel lebih bagus dari artikel sobat sebelumnya, sehingga posisi menjadi turun. Atau bisa juga blog sobat terkena hukuman dari google sehingga posisi artikel turun atau bahkan menghilang.


Nah, itu dia Manfaat ganti domain dan Mitos ganti domain. Semua saya utarakan berdasarkan pengalaman saya selama sebulan ini. Semoga Bermanfaat :)


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Manfaat Ganti Domain dan Mitos Ganti Domain
Description : Manfaat beli domain TLD. Hai sobat semua..tidak terasa sudah sebulan lamanya saya mengganti domain ...

5 Responses to "Manfaat Ganti Domain dan Mitos Ganti Domain"

  1. saya juga kepikiran buat ganti doamain.... tapi masih ragu... :D
    oh iya... alhamdulilah situs saya dari bing yahoo dan lain-lain masuk ko kang walau domain gratis :)

    ReplyDelete
  2. kalau dilihat his statnya juga.. trafficknya terus naik yah kang setelah ganti domain...

    ReplyDelete
  3. Beli domain tld dimana kang ?
    Oia.. Setelah kitA mengganti domain tld.. Apa perlu merubah google webmastertool ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kok. salah satunya rumahweb.com
      iya harus buat baru lagi, karena alamatnya udah berubah.

      Delete
  4. blog saya setelah ganti ke domain TLd posisi SERPnya gak jatuh kok, masih tetep sama jadi ini bener2 mitos

    ReplyDelete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.