Saturday 27 April 2013

Perbedaan Blog dan Website

Hai sobat semua,ketemu lagi dengan saya di blog burung-net.Dalam post ini saya akan membahas tentang perbedaan website dan blog.Banyak orang yang mengatakan blog dan website itu mirip,ada juga yang bilang sama.Postingan ini akan menguak semuanya. Mari kita mulai dari:

Pengertian


Blog adalah singkatan dari "web blog",adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan tulisan(yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.Tulisan ini biasanya dimuat dalam urutan terbalik(posting baru dahulu,baru lama),walaupun sebenarnya bisa diubah.
Website adalah kumpulan komponen yang terdiri dari teks,gambar,suara,animasi,sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi.

Tujuan

Blog bertujuan untuk menulis artikel sesuai dengan tema blog tersebut,sedangkan Website lebih dari itu.Tidak hanya untuk menulis artikel.

Tampilan

Tampilan blog biasanya terkesan statis(tetap).Karena CSS(tema/template) suatu blog biasanya sama dengan blog yang lain.Kalaupun ada yang berbeda, hanya sedikit saja.Sedangkan website,templatenya jarang yang sama,karena si pemilik web tsb biasanya merancang templatenya sendiri.

Pengelolaan

Blog lebih bersifat pribadi dan tidak terpaut aturan,dikelola oleh 1 atau 2 orang.Website biasanya dikelola oleh kelompok,dan ada aturan yang mengikat.

Teknik

Blog dan website sebenarnya mempunyai kesamaan teknik,karena bahasa pemrograman yang digunakan relatif sama.Tetapi blog lebih mudah pembuatan dan pengelolaannya daripada website.Kalau blog,kita tinggal menulis artikel,lalu posting.Sedangkan website lebih dari itu,ada semacam perhitungan khusus.

Domain

Sebagian besar blog hadir dengan domain bawaan.Seperti blog saya yang berakhiran .blogspot.com.Sebenarnya banyak juga yang sudah menyewa domain sendiri,namun sebagian besar masih bawaan.
Sedangkan website kebanyakan menggunakan Top Level Domain(.net,.com,.org dan lainya).Untuk mengetahui lebih detail tentang domain,baca artikel Apa itu Domain dan Subdomain.

Nah,dari pembahasan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa Blog adalah bagian dari website.Isi,tampilan,dan pengelolaan blog lebih mudah daripada website.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda,bila ada kesalahan,mohon ingatkan saya.Karena saya juga masih newbie di dunia internet

Tags:Perbedaan tampilan,tujuan,teknik blog dan website,apa itu blog website,kesamaan blog website

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon