Saturday 12 April 2014

Pengertian Microsoft Excel

Apa itu Microsoft Excel dan Kegunaan Microsoft Excel

excel-logoAnda tentu tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Kurang lengkap rasanya jika dalam komputer/laptop anda tidak terpasang aplikasi ini. Aplikasi Microsoft Excel memang banyak digunakan orang  karena pengoperasiannya yang mudah dan otomatis.Microsoft Excel juga disertakan dalam kurikulum pelajaran disekolah. Dengan ini sangat jelas kalau peranan aplikasi ini sangat penting.

 

Pengertian Ms. Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi buatan Microsoft yang berfungsi untuk mengolah data secara otomatis. Data yang diolah bisa berupa rumus, perhitungan dasar, fungsi/formula, pengolahan data dan tabel, manajemen data sampai dengan pembuatan grafik.
Rumus yang digunakan bisa berupa perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, dan sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi bisa berupa pemakaian rumus yang digunakan untuk menghitung, baik itu dalam bentuk rumus matematika ataupun non matematika.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel

Microsoft Excel mudah untuk dipelajari, dapat mengolah data secara cepat dan otomatis, tersedia banyak rumus dan formula.Sayangnya aplikasi ini tidak gratis alias berbayar.Jika anda mendapati aplikasi Microsoft Excel gratis, maka bisa dipastikan itu aplikasi bajakan. Pemakaian aplikasi bajakan memang sudah merebak luas di Indonesia.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel

Aplikasi yang sering disebut dengan nama spreadsheet (lembar kerja elektronik) ini mempunyai banyak kegunaan. Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan aplikasi Microsoft Excel


  • Bidang Akuntansi

Dalam bidang akuntansi, aplikasi microsoft excel digunakan untuk menghitung laba/rugi suatu perusahaan.Bisa juga digunakan untuk menghitung besar pajak, gaji karyawan, dan sebagainya
  • Kalkulasi Matematis

Aplikasi microsoft excel bisa digunakan untuk mencari data dari hasil pengurangan, penjumlahan, pembagian, pengurangan, serta operasi matematika lainnya.
  • Manajemen Data

Yaitu untuk mencari nilai rata rata, nilai tengah, nilai maksimum dan nilai minimun sebuah data
  • Pembuatan Grafik

Misalnya untuk membuat grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk, dan lain sebagainya.
  • Operasi Tabel

Karena jumlah baris dan kolom Microsoft Excel yang banyak, tidak akan sulit jika melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak. 

definisi microsoft excel 2007 2010 2013, apa sih microsoft excel, tujuan microsoft excel, keuntungan dan kelemahan microsoft excel

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon