Cara Memperbaiki Laptop / Komputer yang Lemot Agar Cepat

Cara memperbaiki laptop / komputer / PC yang lemot agar cepat. Laptop dan Komputer yang lelet atau lemot adalah masalah besar pagi penggunanya. Bagaimana tidak, dengan komputer / laptop yang lemot, terkadang membuka startup saja berjalan sangat lambat, membuka windows explorer saja ngehang dan not responding. Selain itu banyak lagi masalah yang ditimbulkan akibat laptop / komputer yang lambat. Tidak peduli itu windows xp, windows 7, windows 8 atau windows terbaru yaitu windows 10, pasti akan mengalami masalah lamban ini. Cara mempercepat laptop/komputer yang lemot lelet lamban.

Cara Memperbaiki Laptop / Komputer yang Lemot Agar Cepat

Masalah laptop dan komputer lemot ini dapat menyebabkan gangguan psikis pada penggunanya. Dapat dipastikan penggunanya akan stress dan sering marah marah layaknya wanita yang sedang datang bulan. Jika diteruskan tentunya hal ini akan berbahaya. hehe

Untuk mencegah hal tersebut, pada postingan kali ini saya akan memberitahu sobat semua bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi laptop / komputer yang lemot, lelet, lambatnya bukan main agar cepat kembali. Berikut ini akan saja jelaskan dari mulai penyebab laptop / komputer lemot sampai cara mengatasinya. Cara yang akan saya sajikan ini sangatlah lengkap. Jika sobat bisa melakukan beberapa, kecepatan laptop/komputer sobat akan meningkat. Sedikit bahkan drastis.

Catatan: Cara ini bisa dipraktekkan di OS Windows apapun seperti Windows XP, 7, 8, bahkan 10. Cara Mempercepat Laptop yang lambat lemot lelet.

Penyebab Laptop / Komputer Lemot Lelet Lambat dan Cara Mengatasinya

#1 Terlalu Banyak Program/Aplikasi yang terinstall

Komputer/Laptop yang baru biasanya sudah terisi banyak sekali program yang tidak pernah sobat gunakan. Bahkan sobat mungkin tidak tau kalau ternyata program/aplikasi tersebut ada. Beberapa program bahkan juga berjalan dibelakang layar ketika sobat memakai laptop/komputer, walaupun tidak sobat tidak menggunakan aplikasi tersebut. Contohnya saja aplikasi Antivirus.

Selain itu, jika sobat sering berselancar di internet dan mendownload aplikasi , terutama aplikasi bajakan, terkadang aplikasi tersebut juga membawa aplikasi baru yang  ikut terinstal. Misal ketika saya menginstal aplikasi CamStudio, ternyata ada beberapa aplikasi yang tidak saya ketahui, ikut terpasang di laptop saya. Hal ini tentunya menimbulkan kinerja laptop/ komputer menjadi tidak baik sehingga terjadilah laptop / komputer lemot.

Solusi dari masalah ini adalah, dengan meng-uninstall atau mencopot program yang sudah terpasang. Caranya silakan klik Start lalu pilih Control Panel. Jika sobat menggunakan Windows 8/10, untuk mengakses Control Panel silakan klik kanan di desktop dan pilih Personalize. Setelah itu klik Control Panel Home.

Cara Memperbaiki Laptop / Komputer yang Lemot Agar Cepat
Pastikan pada view by terpilih Category. Setelah itu lihat disebelah kiri bawah, klik pada tulisan Uninstall a program. Maka akan terlihat daftar aplikasi yang terinstal.

cara uninstall program agar komputer laptop tidak lemot
Klik menu Install, maka aplikasi ini akan berjejer sesuai dengan tanggal instalasinya. Aplikasi yang berada di deretan atas adalah aplikasi yang diinstal baru baru ini. Coba sobat lihat aplikasinya, apakah sobat merasa pernah menginstall aplikasi tersebut ? jika tidak maka silakan klik pada aplikasinya, klik kanan lalu pilih uninstall.

Ada juga aplikasi yang berguna untuk menguninstall/mencopot program sampai keakar akarnya. Aplikasi ini bernama Revo Uninstaller Pro. Silakan mencarinya di google jika penasaran. Oh ya, aplikasi ini adalah aplikasi berbayar, tapi sobat bisa mencoba versi trialnya selama beberapa hari.

#2 Menjalankan Lebih dari Satu Aplikasi Secara Bersamaan

Windows memang dirancang untuk melakukan aktivitas multitasking. Multitasking adalah mengerjakan lebih dari satu aktivitas secara bersamaan. Logikanya, jika melakukan 2 aktitas secara bersamaan maka kita tidak akan maksimal, tenaga dan konsentrasi akan terbagi menjadi dua. Begitu juga dengan laptop/komputer. Jika sobat mencoba membuka aplikasi Micorosoft Powerpoint, Adobe Photoshop, Mozilla Firefox sambil menonton film maka jelas saja PC menjadi lambat, kecuali PC sobat mempunyai spesifikasi yang tinggi.

Cara mengatasi masalah ini tentu saja dengan menggunakan program seperlunya saja. Tutup program yang tidak sedang digunakan.

#3 Banyak File Sementara yang Tersimpan


Ketika komputer menjalankan program, mengakses halaman web, dsb, file file sementara dibuat dan disimpat di hardisk. Lama lama file ini akan menumpuk dan membuat avalaibel space di hardisk berkurang. Menghapus file file sementara termasuk browser history dan cookies, dapat membuat space di hardisk menjadi lebih longgar dan PC menjadi lebih cepat.

Cara menghapus file sementara bisa dengan menggunakan Windows Disk CleanUp. Caranya silakan klik Start > Run. Bisa juga dengan menekan kombinasi keyboard Windows Key + R . Windows Key adalah tombol yang bergambar jendela, terletak di sebelah kiri bawah keyboard.

Setelah jendela Run terbuka, ketik cleanmgr . Lalu Ok. Tunggu sebentar, windows akan menganalisa berapa file yang bisa dihapus. Tunggu sampai muncul jendela berikut ini

cara disk cleanup windows
Pilih mana saja yang ingin dihapus. Dalam contoh ini saya akan menghapus semuanya jadi saya mencentang semuanya. Klik OK dan tunggu proses penghapusan selesai.

Selain menggunakan Disk Cleanup, sobat juga bisa menghapus file sementara secara manual. Untuk menghapus file sementara secara manual, buka Windows Explorer dan masuk ke Drive C. Pilih Folder Windows > Temp. Hapus semua file yang ada didalam folder Temp. Setelah itu pastikan sobat membuka Recycle Bin, klik kanan dan pilih Empty Recycle Bin.


#4 Terlalu banyak File di Hardisk

Walaupun sudah menghapus file sementara, tidak akan memberikan efek yang besar kalau ternyata hardisk sobat berisi banyak sekali file sehingga kapasitasnya tinggal sedikit. Jika avalaible space (ruang kosong) di hardisk sobat hanya tersisa kurang dari 3gb maka jelas saja kinerja komputer akan berkurang bahkan lambat. Hal ini terjadi di laptop saya, banyak sekali file file penting yang membuat hardisk saya hampir penuh.

Cara mengatasi masalah ini ada 3. Yang pertama dengan menghapus file. Coba cari file file besar yang tidak berguna, atau file duplikat (2 file yang sama), lalu hapus. Jika semua file dirasa penting dan sobat tidak tega untuk menghapusnya, cobalah dikompress menggunakan aplikasi pengkompress seperti Winrar (berbayar) atau saya sarankan 7zip (gratis). Software ini akan mengurangi ukuran dari file. 
Memang ada aplikasi yang lebih ekstrim lagi yaitu KGB Archiver. Banyak yang bilang kalau aplikasi ini bisa mengompress file 1GB menjadi 1MB. Namun itu BOHONG ! jangan percaya dengan hal ini. Saya sudah mencobanya namun filenya hanya berkurang 1mb. Misal file 126mb menjadi 125mb. Aplikasi ini juga memiliki banyak bug/gangguan. Salah satunya adalah terkadang ada file yang sudah dikompress, ketika ingin digunakan lagi malah tidak bisa/corrupt. Tidak heran jika pengembangan aplikasi ini sudah dihentikan.

Cara yang ketiga adalah dengan memindahkan file file penting di laptop/komputer sobat ke usb drive seperi flashdisk, atau bahkan hardisk eksternal. Dengan begini maka sobat tidak usah takut kehilangan file. Namun sobat juga harus membeli flashdisk.

#5 Buang StartUp yang Tidak Penting

Ketika menyalakan komputer/laptop dan masuk ke desktop screen, ada beberapa program yang berjalan secara otomatis. Jika program yang berjalan ini terlalu banyak, akan menyebabkan startup PC sobat menjadi lamban.
cara agar startup komputer laptop cepat

Cara agar startup komputer laptop cepat tentu saja dengan menontaktifkan aplikasi aplikasi yang berjalan secara otomatis. Caranya, klik Start dan pilih Run. Bisa juga dengan tombol Windows Key + R . Ketik msconfig lalu enter. Pilih tab Startup. Hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diinginkan. Jika ingin menghilangkan semuanya, silakan klik Disable All . Selanjutnya OK.

#6 Hardisk belum pernah di Defrag

Defragment dapat membuat file file yang rusak didalam hardisk menjadi baik dan rapi. Untuk melalukan defragment, buka Windows Explorer. Klik kanan pada Drive yang ingin di defrag. Misalnya klik kanan pada drive C. Pilih Properties lalu klik Tools. Pilih Defragment Now dan klik Defragment Disk.

#7 Terkena Virus/Malware

Virus juga dapat menyebabkan kinerja laptop/komputer menurun. Saya sering mengalami hal ini terutama ketika menjelajah internet menggunakan browser. Waktu itu saya tidak menginstall antivirus, jadi virus seperti adware (virus yang menampilkan iklan iklan yang tidak diinginkan) sangat mudah masuk ke laptop saya. Karena virus ini selalu menampilkan iklan disetiap halaman web, tak heran kalau PC menjadi lambat.

Cara mengatasinya adalah dengan menginstall antivirus yang handal dan terpercaya. Atau gunakan antivirus premium untuk perlindungan yang lebih. Hati hati juga saat mendownload file di internet terutama file file mencurigakan seperti crack.

#8 Banyak Debu

Jangan beranggapan kalau kebersihan hardware tidak ada hubungannya dengan kinerja. Bila laptop/komputer sobat kotor dan berdebu, terutama jika debunya masuk kedalam kipas, bisa menyebabkan laptop bekerja lebih keras. Karena bekerja lebih keras, tentu saja performa laptop/komputer menjadi lebih lambat.

#9 Spesifikasi Komputer/Laptop tidak memadai

Sebagai pengguna komputer/laptop, kita harus tau diri. Bila laptop sobat adalah laptop keluaran tahun 2004 dan sobat menggunakannya untuk bermain efek video dengan Adobe After Effect, tentu saja kinerja laptop akan lambat. Hal ini dikarenakan spesifikasi yang tidak memadai. Setiap aplikasi pasti mempunyai spesifikasinya sendiri. Oleh karena itu sebelum membeli atau mendownload software/games, pastikan untuk melihat spesifikasinya terlebih dahulu.

#10 Laptop/Komputer sudah berumur

Semakin tua, kinerja laptop/komputer akan semakin menurun. Kinerja laptop berumur 7 tahun jelas berbeda dengan laptop yang baru saja dibeli. Solusinya ? tentu saja dengan membeli laptop/konputer baru. Atau bisa juga dengan mengganti hardwarenya.

Cara Mempercepat Laptop / Komputer yang Lambat dengan Baidu PC Faster

cara mempercepat komputer laptop yang lambat lambat lelet
Cara cara yang telah saya berikan diatas seperti mencopot aplikasi, membersihkan file sementara, dsb tentunya memakan banyak waktu jika dilakukan secara manual. Karena itulah untuk menyingkat waktu, sobat bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mempercepat kinerja laptop/komputer. Aplikasi ini bernama Baidu PC Faster.

Dengan aplikasi ini, sobat bisa membersihkan sampah sampah di PC hanya dengan sekali klik. Ada aplikasi khusus uninstaller yang akan mencopot program/aplikasi sampai ke akar akarnya. Ada aplikasi untuk menonaktifkan startup item, aplikasi untuk memperbaiki koneksi internet, aplikasi pembuat wifi, dan sebagainya.

Aplikasi ini akan mengingatkan sobat jika sudah waktunya untuk membersihkan sampah. Pokoknya jika sobat tidak ingin menggunakan cara manual, sobat bisa menggunakan aplikasi serbaguna ini.

Solusi Terakhir untuk Mempercepat Laptop / Komputer

Jika semua solusi yang saya berikan tidak berguna dan tidak memberikan efek, atau kurang maksimal, maka sobat bisa mencoba langkah terakhir. Apakah langkah terakhir untuk mempercepat komputer/laptop ? Jawabannya adalah dengan Install Ulang .

Cadangkan semua file penting yang ada di drive C. Lalu install ulang komputer sobat. Saya sarankan menginstall windows 8 karena windows ini memiliki startup yang cepat. Kelemahannya adalah, terkadang ada masalah terutama masalah kompatibilitas. Jika ingin stabil, lebih baik memakai windows 7. Untuk windows 10 tidak saya sarankan karena saat ini masih dalam pengembangan/beta. Tentu saja akan lebih banyak masalah nantinya.

Jika setelah diinstal ulang ternyata masih lambat, silakan Beli Laptop/Komputer Baru

Apa Lagi ?

Setelah membaca artikel ini, sobat juga bisa membaca artikel seputar komputer seperti Cara Mencegah Virus Komputer, Cara Membuat Komputer bisa Bicara, dan Cara Agar Laptop tidak cepat panas.

Jika berkenan silakan bagikan artikel ini kepada teman teman sobat.
Terimakasih !


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Cara Memperbaiki Laptop / Komputer yang Lemot Agar Cepat
Description : Cara memperbaiki laptop / komputer / PC yang lemot agar cepat . Laptop dan Komputer yang lelet at...

40 Responses to "Cara Memperbaiki Laptop / Komputer yang Lemot Agar Cepat"

  1. Sy coba saran yg terakhir kok sulit ya gan, mau tak reset soalnya penyakit laptop sudah parah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. install ulang aja mas. pasti cepet kok. tapi sebentar doank. abis diinstall banyak program nanti lemot lagi deh.
      solusinya install seperlunya aja. microsoft word, excel, dsb kalo nggak dipake mending jangan diinstal.

      Delete
  2. trimksh, sngt bermanfaat...👍👍

    ReplyDelete
  3. viruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuusssssssssssssssss.................

    ReplyDelete
  4. gua sudah coba yang ke 5 kok masih lama aja ya gan ???

    ReplyDelete
  5. Solusi terakhirnya toko bagus min

    ReplyDelete
  6. makasih atas informasinya

    ReplyDelete
  7. Terimakasih Mas atas Infonya memang setelah saya baca ini wah jadi kemana mana arahnya jos bagus dan mantab Jadi Tau Saya Sekarang,Ohya Mas Kalo mencari backlink edu dan Gov gimana mas ya ,Tolong minta solusi ya mas ditunggu

    Bales Di Google Apk Center

    ReplyDelete
  8. Di windows 10 ko main game patah patah ya ??
    Padahal PINGnya hijo / bagus !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan GPU nya gak memadai mass

      Delete
  9. wah sangat membantu terimakasih gan, ane udah coba.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih infonya gan, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. Wah saya rasa penyebab laptop ane jadi agak lemot sekarang ini emang karena terlalu banyak file yang tersimpan. Mau dihapus tapi masih sayang banget rasanya gan.

    ReplyDelete
  12. makasih min:)


    Download sekarang Aplikasi Android Untuk Isi Pulsa , Token , V.Game , Maupun Bayar Listrik atau Cicilan.
    Lebih Mudah serta Bisa di Gunakan Kapan dan DiMana Saja.Tunggu Apa Lagi Klik Sekarang https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    ReplyDelete
  13. kalo ane lain lagi kasusnya bro, laptop ane lemot karena HARDISK Hampir jebol :D

    jangan lupa kunjungan baliknya yah bro di blog ane

    ReplyDelete
  14. Gwe udah instal 2x kok hasilnya masih aja lemot guys? Gimana nih?

    ReplyDelete
  15. Wah sangat bermanfaat.sekarang saya pake baidu faster:v
    Terimakasih infonya gan.

    ReplyDelete
  16. pagi, gan saya mau tanya nih. kebetulana ada komputer dari teman saya memasang antivirus itu lebih dari 2. terus apakah itu efektif untuk komputer maupun laptop yang mereka gunakan ??

    terimah kasih :)

    ReplyDelete
  17. mantab gan informasinya,dengan aplikasi juga bisa.
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan sparepart laptop kunjungi web ane gan

    ReplyDelete
  18. Gan.. mau tanya..ane mw instal ulang laptop.. tp ada beberapa software dari perusahaan yg udh diinstal d laptop ane yg sayang bgt kl kehapus.. bisa gk gan ane instal ulang laptop tp bbrp software gk kehapus gan, mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete
  19. lagi di coba coba gan trik triknya. mudah mudahan laptop saya benar

    ReplyDelete
  20. Hoak aplikasi badui adalah salah satu aplikasi penyimpan virus

    ReplyDelete
  21. trims infonya gan

    komputer lambat bisa jadi hdd yang sudah tidak sehat, bisa dicek dengan software gratisan hdd sentinel.

    ReplyDelete
  22. Laptop sy lemot yg buat bingung..konsultasi.ke3 tempat.beda semua..kt.service center apple bad sector..kt.yg lainnya chip setnya harus 1.2jt..kt yg lainya motherboardnya 1.2 jt..mana yg bener

    ReplyDelete
  23. waw pencerahan yang sangat keren hehehe..........

    ReplyDelete
  24. oke gan,terimakasih infonya speed laptop saya bertambah lagi

    ReplyDelete
  25. akhirnya laptop gue nggak lemot lagi, makasih gan infonya

    ReplyDelete
  26. Artikelnya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  27. Gila banget!! Gw ngikutim cara "Hapus file Temp di Local disk (C) dan hapus permanent dari RecycleBin" alhasil laptop gw gakbisa ngapa²in sama sekali!!! Karna didlm file itu ada banyak perintah² yang ditanam di laptop gw, Jadinya gimana nih?? Gila banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran tuh gan ? maaf kalo gitu
      mungkin agan ngehapusnya manual ya, saya si biasanya otomatis, lewat aplikasi misalnya
      kalo agan masih punya cd windows, masih bisa dikembaliin pake system repair

      Delete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.