Cara Mengatasi Virus Shortcut di Laptop, Flashdisk dan Komputer

Cara Mengatasi Virus Shortcut shorcut di laptop, flashdisk dan komputer. Virus komputer makin hari makin berkembang dan merajalela. Banyak diantara virus tersebut yang menimbulkan masalah yang serius, bahkan fatal. Contohnya yaitu virus Cryptolocker yang mengenkripsi data komputer yang diserangnya sehingga data tersebut tidak dapat dibuka. Satu satunya jalan untuk mengembalikan data datanya adalah dengan membayar sebesar 3juta kepada si pembuat virus. Serem kan ?

Ada juga virus lain yang sangat merajalela di Indonesia. Walaupun tak seseram Cryptolocker , virus ini cukup menyusahkan korbannya. Virus ini bernama virus Ramnit Shorcut.

cara mengatasi virus ramnit shortcut di flashdisk laptop komputer

Virus Shorcut ini pertama kali muncul di tahun 2010. Ramnit Shorcut masuk kedalam file berektensi .exe dan USB drive untuk menginfeksi komputer. Dan sekarang virus ini sudah berevolusi menjadi lebih ganas. Virus ini juga mulai berkembang biak dan menimbulkan gejala gejala yang berbeda pada komputer yang diinfeksi. Saya berkata seperti ini karena saya pernah mengalaminya sendiri, lebih dari dua kali. Gejalanya kira kira seperti ini

  • Didalam flashdisk, ada berapa file mencurigakan bernama Copy of Shorcut.ink . Ketika saya mencoba cara menghapus virus shorcut, ternyata virus ini kembali lagi. Dengan kata lain, virus ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan dihapus saja.
  • Semua folder didalam flashdisk berubah menjadi shortcut. Artinya folder tersebut tidak bisa dibuka.
  • Semua folder didalam flashdisk, HILANG. Mungkin lebih tepatnya disembunyikan. Bukannya kalau disembunyikan itu gampang ya ? kita tinggal memunculkan lagi dengan mengubah pengaturan di Folder Option ? Tidak segampang itu bro..
  •  Semua folder di komputer, menggandakan diri menjadi shorcut. Misal saya punya folder A dan folder B, kedua folder tersebut menghasilkan sebuah file shortcut baru yaitu folder A shorcut dan folder B shorcut.
  • Semua folder di komputer, menggandakan diri menjadi shortcut. Tapi dengan nama yang berbeda. Kalau sebelumnya folder A menjadi shorcut folder A, yang ini lebih parah. Folder saya bahkan pernah menjadi shorcut dengan nama "Foto Bu*gil" . Coba bayangkan kalau ada yang buka laptop saya, pasti pada berpikiran yang negatif. padahal itu adalah ulah virus.

Mungkin masih ada lagi gejala gejala dari virus Ramnit ini. Tapi yang paling penting bukanlah gejalanya, tapi cara membasmi virus shortcut ini. Bagaimana cara membersihkan virus shorcut di komputer dan laptop ? Bagaimana cara menghapus virus shorcut di flashdisk secara permanen ? Berikut ini akan saya sajikan cara menghilangkan virus shorcut.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut dengan PCMAV 

Untuk membasmi virus shorcut, kita tidak bisa menggunakan antivirus biasa seperti Smadav ataupun Avast. Kita perlu sebuah anvitivirus yang khusus menangani virus Ramnit. Kebetulan Indonesia punya antivirus khusus ramnit bernama PCMAV Express for Ramnit.

Pada kasus pertama saya terkena virus Ramnit, saya menggunakan antivirus ini dan berhasil. Langsung saja download antivirus khusus Ramnit di www.pcmav.net/download  . Pilih yang khusus untuk Ramnit yaitu PCMAV Express for Ramnit. Ukurannya kurang lebih 800kb.

Jika sudah terdownload, buka antivirus tersebut. Maka akan terlihat tampilan dari PCMAV. Sebelum melakukan scanning, silakan tutup dulu semua aplikasi yang sedang berjalan. Kalau tidak, proses scanning nanti tidak akan berjalan dengan maximal dan ada kemungkinan virus ramnit tidak hilang. 

Klik Scan & Clean jika jika sobat sudah menutup semua aplikasi yang berjalan. Tunggu proses scanning dari PCMAV. Tunggulah dengan sabar. Jika sudah selesai , restart komputer sobat dan lihat apakah virusnya masih ada atau tidak. Jika masih, lakukan scanning ulang lagi.

antivirus pembasmi virus ramnit shorcut


Cara Memunculkan Folder yang disembunyikan Virus Shortcut di Flashdisk / Card Reader

Sesuai judulnya, cara ini akan memunculkan folder yang telah disembunyikan virus ramnit. Cara ini dapat sobat gunakan apabila folder di flashdisk sobat hilang atau berubah menjadi shorcut. Folder tersebut disembunyikan oleh virus shorcut Ramnit. Tidak akan bisa dimunculkan dengan cara yang biasa. Untuk mengembalikan folder yang disembunyikan virus ramnit shortcut, kita bisa menggunakan perintah CMD. Ini adalah cara menghilangkan virus shorcut tanpa software atau aplikasi antivirus.

Pertama, kita harus membuka CMD.  Caranya dengan mengeklik tombol Start, pad search program and files ketik CMD lalu enter. Cara lainnya yaitu dengan menekan kombinasi tombol keyboard, windows key + R . Windows Key adalah tombol yang ada gambar icon windows. Pada keyboard terletak di sebelah kiri bawah. Jika sudah menekan windows key + R, ketik CMD lalu tekan enter.

Ketika CMD sudah terbuka, selanjutnya kita akan mengirimkan sebuah perintah untuk memunculkan folder yang disembunyikan. Ketik perintah ini

attrib -h -r -s /s /d f:\*.*
atau copy paste kode dibawah


Untuk f: silakan diganti sesuai dengan letak flashdisk/card reader sobat. jika ternyata flahdisk terletak di drive G maka ganti menjadi g:

cara menghilangkan virus ramnit shorcut tanpa software aplikasi antivirus

Tekan enter. Tunggu. Lalu lihat kembali flashdisk sobat, pasti foldernya sudah kembali menjadi seperti sedia kala. 


Itu dia cara mengatasi virus shorcut, cara membersihkan dan cara menghilangkan virus ramnit shorcut tanpa software aplikasi, cara hilangkan virus shortcut, cara menghilangkan virus copy of shorcut di flashdisk card reader.


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Cara Mengatasi Virus Shortcut di Laptop, Flashdisk dan Komputer
Description : Cara Mengatasi Virus Shortcut shorcut di laptop, flashdisk dan komputer . Virus komputer makin hari...

14 Responses to "Cara Mengatasi Virus Shortcut di Laptop, Flashdisk dan Komputer"

  1. kok ga mempan alias bandel gan,
    pdhal sdh sya coba step by step,
    mhon bantuannya
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin virusnya sudah berevolusi gan.
      coba cari di infonya di website lain.

      Delete
    2. kalau untuk mnghpus virus ini daari kompter yg menyebabkanya bagaimana ya ?

      Delete
    3. sebenernya menggunakan cmd udah bagus kok

      Delete
  2. Setelah di eject lalu di colokan kembali, folder kembali ke semula gan..

    ReplyDelete
  3. di biasakan gan .. kalau kena virus shortcut di flashdisk , jangan di klik dulu bagian shortcut nya , itu yang bikin nyebar

    ReplyDelete
  4. terimakasih mas bos atas informasinya dan saya jadi tau bagaimana cara menghilangkan virus nya jangan lupa mas ya
    posting lagi mengenai menghadapi komputer yang terjangkit virus,oh ya mas bagaimana ya cara menghilangkan
    virus sality mohon bantuan maaf masih pemula.

    Balas Via Google Apk Center

    ReplyDelete
  5. Oke broh udah fix..thank u. Lepas colok lg udh ok.

    ReplyDelete
  6. Flashdisk saya sering kenak yg beginian tapi gk tau caranya tapi setelah baca postingan ente gan sekarang jadi tau cara ngatasinnya thanks ya gan....hehehehe

    ReplyDelete
  7. makasih gan infonya :)


    Kalau ada yang simple kenapa cari yang ribet , Klik sekarang www.serbabayar.com Isi Voucher Pulsa , Token PLN , Maupun Bayar Tag.Listrik Secara ONLINE Lebih Mudah & Cepat. Only at : serbabayar.com

    ReplyDelete
  8. Waaah makasiih banget infonya barusan fd kena virus shortcut tp skrg udah bisa lg, makasihhhh ;)

    ReplyDelete
  9. thx bro makasih bnyk semua file .exe ku udh ke fixed semua, thx jg kepada yg buat antivirusnya

    ReplyDelete
  10. No comment your best solution . Tnks

    ReplyDelete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.