Monday 29 April 2013

Mengenal Hacker dan Cracker

Hai sobat semua,ketemu lagi dengan saya,si admin blog Burung-NET,yang kali ini akan membahas tentang hacker dan cracker. Jadi kasusnya banyak nih di masyarakat,yang bilang katanya hacker dan cracker itu nggak baik alias buruk.Banyak juga orang awam(mungkin bapak ibu lo juga termasuk)yang bilang hacker dan cracker itu sama.Padahal nggak gitu lho,anak TK aja tau kalo hacker dan cracker itu beda.


Eh bro,cracker yang gue maksud bukan cracker yang ini ya
Nah,sebelum gue bahas nih,ada baiknya loe bikin kopi dulu.Buat apa?ya biar nggak ngantuk lah!. Ya udah daripada elo mati penasaran mending gue mulai aja pembahasannya,DISIMAK BRO

Pengertian

Hacker adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempelajari,memiliki,menganalisa,memodifikasi,suatu akses data sehingga dapat menerobos masuk ke dalam sistem komputer melalui jaringan komputer,baik untuk memperoleh keuntungan pribadi,atau hanya untuk kesenangan saja.Hacker bisa dikategorikan pekerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu sistem,dan memberikan ide yang bisa memperbaiki kelemahan sistem yang ditemukannya.
Cracker adalah orang yang mencari kelemahan sistem dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari sistem yang dimasuki seperti pencurian data,penghapusan,dll.
Tuh,kasih tau bapak ibu lo ya,kalo hacker ama cracker itu beda.

Ciri-Ciri
Ciri-ciri hacker:
-Tidak mudah menyerah
-Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem/situs
-Mempunyai kemauan keras
-Kreatif dalam merancang program yang berguna bagi siapa saja
-Tidak pelit membagi ilmunya pada orang lain

Ciri-ciri Cracker:
-Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri yang bersifat merusak,menjadikannya sebagai keuntungan.contohnya virus,pencurian kartu kredit, pembobolan rekening bank,pencurian password email/web server.
-Mempunya IP adress yang tidak bisa dilacak
-Mempunyai website/channel dalam IRC yang tersembunyi,hanya orang orang tertentu yang bisa mengaksesnya

Baik hacker maupun cracker,biasanya melakukan aksinya dimalam hari,saat koneksi internet tidak begitu padat.Nah,pembahasan perbedaan hacker dan cracker cukup sampai sini dulu.Sekarang gue akan bahas tentang hacker.

Klasifikasi Hacker
White Hats: Hacker yang bekerja sbg sistem analyst,sistem administrator,maupun security analiyst.White Hats bekerja dalam sistem dan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menjaga sistem agar tetap bekerja dengan baik dan tidak diacak acak oleh orang lain.

Gray hats: hacker yang bekerja secara offensif dan defensif.Gray Hats melakukan serangan terhadap sistem yang juga bekerja untuk membuat suatu pertahanan terhadap sistem.Hacker ini membobol sistemnya untuk mendapatkan bugs dan lubang dari sistemnya,lalu ia mempelajari bagaimana menutup lubang tersebut.

Black Hats: Hacker yang hanya bekerja sebagai penyerang dan mengambil manfaat atas sistem yang diserangnya.Black hats juga bisa disebut sebagai cracker.

Suicide Hacker(Hacker bunuh diri?):Adalah pengembangan dari Black Hats.Hacker ini terus melakukan penyerangan,ingin narsis dan terkenal,tidak takut dengan hukum.

Metodologi Hacking
Jenis Kegiatan dalam hacking:

1.Social hacking,yang perlu diketahui:informasi tentang sistem apa yang digunakan server,siapa pemilik server,siapa admin yang mengelola server,koneksi apa yang dipergunakan,jenis apa,bagaimana server itu tersambung internet,mempergunakan koneksi siapa,,informasi apa saja yang disediakn server tersebut,apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainya.

2.Technical Hacking: Tindakan teknis untuk melakukan penyusupan kedalam sistem,baik dengan alat bantu atau dengan menggunakan fasilitas sistem itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan yang terdapat dalam sistem atau service.Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam sistem dengan cara apapun dan bagaimanapun.
Nah,segini dulu ya bro,jari gue kram nih.Gue lanjutin lagi di postingan berikutnya.Makanya terus pantengin blog ini biar elo nggak jadi orang katro.

Keyword:Apa itu perbedaan hacker cracker,jenis kegiatan hacking,ciri ciri hacker cracker,klasifikasi jenis macam macam hacker cracker,hacker baik atau buruk

1 komentar so far

nice info :) ane jadi tau apa yang dimasud dengan cracker :D

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon