Sunday 14 December 2014

Bagaimana Cara Sukses di Google Adsense ?

Bagaimana cara sukses di Google Adsense ? Ini adalah pertanyaan yang sering saya lontarkan. Saya adalah seorang publisher/penerbit di Google Adsense. Tugas seorang publisher adalah menempatkan iklan adsense di blog. Jika ada yang mengeklik iklan, maka publisher mendapatkan uang. Besar uang yang didapat tergantung iklannya. Biasanya iklan luar negeri memiliki harga yang lebih tinggi dari iklan lokal.

bagaimana-cara-sukses-di-google-adsense

Saya memulai bisnis Google Adsense pada Maret 2014 lalu. Saya sudah mendaftar sejak Desember 2013, namun ditolak. Setelah itu saya mendaftar lagi. Namun email dari google tidak kunjung datang. Saya terus menunggu sampai bulan Februari. Lalu saya beranggapan kalau akun saya pasti ditolak, karena itu saya mencoba mendaftar lagi, menggunakan email dan blog yang berbeda. 

Kemudian pada awal Maret, saya mendapat email dari Google yang menyatakan bahwa saya diterima di Google Adsense. Senangya bukan main, setelah menunggu 3 bulan akhirnya permohonan saya diterima. Ketika saya mengecek email yang satu lagi, ternyata permohonan saya juga diterima. Jadi saya mempunyai 2 akun adsense :D. 

Ketika diterima menjadi publisher, ternyata perjuangan belum berakhir. Selama beberapa hari saldo di akun saya tidak bertambah, alias nol dollar. Padahal saya pikir tinggal menunggu waktu saja uang akan datang, ternyata pemikiran saya keliru. Blog saya yang waktu itu pageview 300 tidak menghasilkan dolar.

Mulai saat itulah saya bertanya, Bagaimana Cara Sukses di Google Adsense ? Jujur saya sangat ingin mendapatkan uang dari bisnis ini. Saya tergiur melihat banyak publisher adsense yang sukses. Saya ingin membuktikan kalo kegiatan saya didepan laptop seharian ini ada gunanya. 

Mulailah saya mencari di Google tentang trik trik meningkatkan pendapatan di Adsense. Ada yang bilang blog berbahasa Indonesia sulit untuk sukses, lebih baik membuat blog berbahasa inggris. Saya mengikuti trik tersebut, saya membuat sebuah blog bahasa inggris. Tapi saya kesulitan saat ingin posting karena kemampuan bahasa inggris saya pasif (bisa membaca, susah menulis). Karena itu saya copas postingan bahasa indonesia lalu saya translate ke inggris. Tak lama kemudian saya bosan, mungkin blog bahasa inggris tidak cocok buat saya.

Saya melupakan blog bahasa inggris dan mencari trik lainnya, yaitu membuat blog niche. Membuat blog niche artinya membuat blog dengan topik yang pasti, semua artikel yang ada adalah satu topik. Misalnya blog gadget, blog financial, dsb. Saya mulai membuat blog yang membahas tentang gadget, saya pasangi iklan adsense. Tak lama kemudian saya bosan, mengelola blog niche lebih melelahkan daripada mengelola blog biasa/gado gado. Akhirnya saya kembali ke blog saya yang asli, blog gado gado.

Mulai Agustus saya kembali fokus pada blog saya. Saya rajin posting setiap hari.Alhamdulillah sampai sekarang akun adsense saya sudah bersaldo $50. Tinggal menunggu $50 lagi untuk bisa payout.

Namun di bulan desember ini masalah datang lagi, pendapatan saya menurun, jarang sekali mencapai 1 dollar per hari. Hal ini membuat saya bingung. Apa saya harus bertahan di blog ini? Atau fokus pada blog niche ? Atau fokus pada blog bahasa inggris ? .

Lalu suatu saat saya menemukan artikel di internet tentang kisah publisher sukses asal Portugal. Dia adalah seorang guru. Dia mempunyai blog yang isinya buku harian, artikelnya campuran(gado gado) seperti blog saya. Tapi dia bisa sukses, sedangkan saya tidak. Kenapa ? karena dia memiliki 8000 artikel di blognya. Sedangkan saya belum sampai 300. 

Blogger inspirasi saya, Mbak Indri Lidiawati mengatakan, sukses di adsense tidak tidak hanya bisa diraih dengan menggunakan blog bahasa inggris ataupun blog niche.  Blog campuran pun bisa sukses, asalkan rajin posting setiap hari.Karena itulah mulai sekarang saya bertekad akan fokus pada blog ini saja. Saya akan rajin posting artikel agar konten di blog saya bertambah banyak. Semoga suatu saat nanti saya bisa sukses, dengan blog campuran ini.

Demikian curhatan dari saya, semoga bermanfaat bagi sobat semua :D