Friday 12 June 2015

Apa itu Tsundere, Yandere, Kuudere dan Dandere di Anime

Apa itu Tsundere, Yandere, Kuudere dan Dandere di Anime. Bagi sobat penggemar anime pasti pernah mendengar istilah ini. Mungkin malah sering sekali mendenger istilah ini. Lalu sebenernya apa sih Tsundere, Yandere, Kudere dan Dandere itu ?

Istilah istilah yang saya sebutkan tadi adalah sifat/jenis/karakter dari cewek didalam anime. Didunia nyata mungkin ada, tapi jarang banget atau bahkan cuma dibuat buat. 

Langsung aja dah bagi yang belum tau ini dia pengertian Tsundere, Dandere, Yandere dan Kuudere


#1 Tsundere

apa itu tsundere
Tsundere adalah gabungan dari kata tsun-tsun dan dere-dere. Tsundere adalah orang yang memiliki sifat keras, dingin, agresif namun pada saat yang tepat akan menjadi sangat lovely. Dalam anime, cewe yang memiliki sifat Tsundere sangat sulit untuk mengakui perasaannya kepada orang lain. Dalam hatinya dia ingin sekali berbuat baik kepada orang yang disukai untuk menunjukkan perasaan sayangnya, namun yang terjadi si Tsundere ini malah berbuat sebaliknya.  Kenapa ? karena Tsundere memiliki harga diri yang tinggi. 

Orang yang disukai oleh Tsundere biasanya berpikiran kalau dirinya dibenci (padahal disukai). Sifat Tsundere sangat sering ditemukan di anime, terutama anime dengan genre romantis. Contoh tokoh yang memiliki sifat Tsundere adalah Taiga Aisaka dari anime Toradora.

Macam/Jenis/Tipe Tipe Tsundere

  1. Tsundere Natural : Tipe tsundere yang paling umum dan sering dijumpai. Biasanya tokoh seperti ini memunculkan reaksi spontan untuk lari saat dalam perasaan gugup. Meski begitu tipe tsundere ini adalah yang paling mudah ditangani dibandingkan tsundere lain
  2. Tsundere Narsisme : Tipe tsundere akibat dari sifat narsis karakternya. Disebabkan karena karakternya tidak bisa menerima opini orang lain
  3. Tsundere Ojou : Tsundere yang muncul gara gara karakternya memiliki gaya hidup mewah. Karena itu dia memiliki sifat gengsi yang sangat tinggi.
  4. Deviant Tsundere : Tsundere yang paling berbahaya karena mengancam kehidupan karakter lain. Biasanya dimiliki oleh karakter jahat atau karakter yang menyukai darah.
  5. Tsundere Pragmatis : Tsundere yang menanggapi sesuatu secara serius dan memiliki selera humor yang rendah.
  6. Extrovert Tsundere  : Tsundere yang memiliki sifat ceria dan banyak tingkah. Merupakan tipe yang paling kekanak kanakan.
  7. Introvert Tsundere : Tsundere yang memiliki sifat pendiam dan tertutup. Tipe Tsundere ini biasanya berevolusi menjadi Dandere.

#2 Dandere

apa itu dandere
Dandere adalah gabungan dari kata danmari (diam) dan dere dere. Dandere adalah orang yang cenderung pendiam, tidak banyak tingkah dan umumnya pemalu. Namun pada saat yang tepat dapat melakukan hal hal yang tidak terduga pada karakter yang disukainya. Contoh dari Dandere adalah Nagato Yuki dari anime Suzumiya Haruhi no Yuutsu.


#3 Yandere

apa itu yandere
Yandere adalah gabungan dari kata yanderu (gangguan mental) dan dere dere. Yandere adalah orang yang terlihat baik, lembut, manis dan penuh kasih sayang. Tapi saat karakter yang disukainya didekati oleh orang lain, Yandere mudah sekali tersulut api cemburu. 

Yandere sangat mencintai pujaan hatinya, jadi dia akan melakukan apapun untuk mendapatkannya, termasuk dengan tindak kekerasan. Dia tidak segan segan melukai wanita lain yang dekat dengan sang pujaan hati. Ya, kebanyakan tokoh yang memiliki sifat Yandere adalah seorang psikopat. Contoh dari Yandere adalah Gasai Yuno dari anime Mirai Nikki

#4 Kuudere

apa itu kuudere
Kuudere adalah gabungan dari kata cool (dibaca kuuru dalam bahasa jepang) dan dere dere. Kuudere adalah karakter yang keren, memiliki sorotan mata tajam, dan memiliki sifat dingin melebihi Tsundere. Memang sulit untuk didekati, namun saat sudah dimiliki aura manisnya akan jelas terlihat. Contoh dari Kuudere adalah Inaban Himeko dari anime Kokoro Connect.

Itu dia Arti Istilah Tsundere, Dandere, Yandere dan Kuudere. Dari keempat sifat tersebut yang paling saya suka adalah Kuudere, terutama Inaban Himeko. Namun tentu saja ini hanya untuk gadis 2D, sedangkan untuk gadis didunia nyata itu urusannya lain lagi :v

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon