Sunday 30 November 2014

Mobil ini dibuat oleh Printer 3D

Printer 3D adalah salah satu teknologi yang bisa merubah dunia. Berbeda dengan printer biasa yang hanya bisa mencetak diatas kertas, printer 3D bisa mencetak benda, apapun itu. Salah satunya adalah Mobil.

mobil dari printer 3d

Perusahaan otomotif asal Arizona, Local Motors, berhasil membuat sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mereka membuat sebuah mobil yang fisiknya dicetak menggunakan printer 3D dan merakitnya secara utuh.

Mobil yang diberi nama Strati ini dapat berfungsi layaknya mobil buatan pabrik. Menggunakan sumber daya listrik dan beterai, Strati mampu menempuh jarak hingga 193km hanya dengan sekali isi baterai. Bahkan Strati berhasil dipacu hingga kecepatan 64,6 km per jam. Suatu hal yang terbilang luar biasa untuk sebuah mobil mini. 
Jika mobil biasa hanya memiliki 5000-6000 bagian, Strati hanya memiliki 49 bagian. Bagian ini sudah termasuk badannya , motor, roda, kursi penumpang dan pengemudi, sampai kaca depan. Semuanya dicetak dengan printer 3D menggunakan bahan dasar thermoplastic yang diperkuat dengan carbon fiber. Proses perakitannya tidak serumit mobil biasa. Para teknisi Strati mampu merakitnya dalam tempo 44 jam.
 
Walaupun mobil ini belum dipasarkan secara bebas, Local Motors berencana untuk memproduksinya untuk masyarakat umum. Harganya dipatok sekitar US$18.000 sampai US$30.000, tergantung fitur dan desain yang diinginkan pembeli. Bagaimana ? tertarik ?

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon