Perbedaan Anime dan Manga Tokyo Ghoul

Perbedaan Cerita Anime dan Manga Tokyo Ghoul. Anime Tokyo Ghoul sebenarnya diadaptasi dari sebuah manga (komik) yang berjudul sama yaitu Tokyo Ghoul. Cerita antara Anime Tokyo Ghoul dan Manga Tokyo Ghoul tidaklah sama. Ada yang berbeda, bahkan sangat berbeda. Apa saja bedanya ?

Perbedaan Anime dan Manga Tokyo Ghoul

Perbedaan Anime dan Manga Tokyo Ghoul
 

#1 Grafik Anime Lebih Bagus

Tentu saja yang paling membedakan antara Anime dan Manga Tokyo Ghoul adalah grafik. Di Anime kita bisa melihat adegan yang nyata, dengan para tokoh yang bergerak dan berbicara.  Sedangkan di Manga kita hanya menjumpai berupa gambar dan teks. 

#2 Cerita Manga Lebih Kompleks

Manga Tokyo Ghoul memiliki total 14 Volume. Sedangkan animenya hanya memiliki 24 Episode. Jumlah yang tidak imbang ini menyebabkan cerita dalam anime banyak yang diskip alias tidak ditunjukkan. Contohnya saja tentang Kagune. Dalam Manga, Shinohara menjelaskan panjang lebar kepada Juuzo tentang organ pemangsa ghoul yaitu Kagune. Sedangkan di Anime, tidak ada penjelasan eksplisit mengenai Kagune.

#3 Cerita di Anime dibalik

Ingat dengan Tokyo Ghoul Season 1 ? Dalam season 1, Kaneki lebih dulu bertemu dengan sang Gourmet (Tsukiyama). Baru kemudian bertarung melawan Mado dan Amon. Dalam versi aslinya (cerita di manga), Kaneki bertarung melawan Amon terlebih dahulu, baru dia bertemu dengan Tsukiyama.

#4 Dalam Manga, Kaneki benci dengan Aogiri

Di Episode 1 Tokyo Ghoul Root A, Kaneki memutuskan untuk bergabung dengan kelompok Aogiri. Tujuannya adalah untuk melindungi teman temannya di Anteiku. Hal ini sangatlah berbeda dengan cerita dalam Manga. Dalam cerita aslinya, Kaneki sangatlah membenci Aogiri. Dia membentuk kelompok bersama Banjou dan Tsukiyama dengan tujuan untuk menghancurkan Aogiri.

#5 Di Anime, Kaneki tidak masuk ke markas dokter Kanou

Perbedaan Komik dan Anime Tokyo Ghoul

Ingat tentang penyerangan Aogiri ke Cochlea di Episode 3 & 4 Season 2 ? Sebenarnya kejadian ini tidak dipaparkan jelas dalam Manga. Dalam Manga, hanya diberitahukan kalau Cochlea telah diserang, namun kejadian penyerangannya tidak diceritakan. 

Adegan penyerangan yang diceritakan di episode 3 & 4 sebenarnya mengambil dari cerita manga saat Kaneki masuk ke laboratorium dokter Kanou. Dokter Kanou adalah orang yang melakukan transplantasi organ ghoul kepada Kaneki. Dia adalah ilmuwan gila yang sedang mengembangkan percobaan manusia setengah Ghoul. Hasil percobaanya diantaranya Kaneki, Kurona dan Nashiro

Kaneki berhasil menemukan markasnya. Disana dia dihadang oleh Sachi. Lalu bertemu dengan Dokter Kanou dan Rize yang dijadikan bahan percobaan. Dokter Kanou lalu mengeluarkan monster percobaannya yang gagal untuk melawan Kaneki. Disinilah Kaneki berubah menjadi Kakuja. Lalu melawan Shinohara & Amon.

#6 Dalam Manga, Eto tidak bertemu dengan Shinohara dan Juuzo

Eto atau Takatsuki Sen sempat datang ke CCG untuk memberikan informasi. Saat itu dia bertemu dengan Shinohara dan Juuzo. Eto mengatakan kalau di distrik 20 ada kedai kopi yang mencurigakan. Dalam cerita aslinya, yang ditemui Eto adalah Amon, bukan Shinohara dan Juuzo.

#7 Di Anime, Kaki Juuzo tidak putus

Dalam cerita aslinya, Juuzo berhadapan dengan burung hantu mata satu dan kakinya terpotong. Namun dalam Anime, kakinya hanya terkilir saja.

#8 Ending yang berbeda

Pada saat terakhir, Kaneki sempat bertarung dengan Arima. Arima dengan mudahnya mengalahkan Kaneki dan membuatnya sekarat. Di Anime kita tidak akan menjumpai adegan ini.

Perbedaan Manga dan Anime Tokyo Ghoul

Kaneki yang sekarat lalu dibawa oleh Arima ke CCG. Kaneki kehilangan ingatannya dan menjadi Haise Sasaki, Detektif Ghoul di CCG. Sedangkan cerita di anime masih misterius. Kaneki kelihatannya menyerahkan diri ke CCG. 

Oh ya, dalam cerita aslinya, setelah penyerangan di Anteiku, Hide tidak diketahui keberadaanya. Sedangkan di Anime kemungkinan besar dia sudah mati.


Nah, itu dia perbedaan antara anime dan manga Tokyo Ghoul. Baik Anime dan Manga, keduanya benar benar bagus. Hanya saja jika sobat ingin mengetahui lebih detail ceritanya, saya sarankan untuk membaca manganya.

#PERHATIAN
Jangan seenaknya copas (copy paste). Cantumkan juga sumbernya -->  burung-net.com
Hargai admin yang sudah menulis artikel ini


Lenovo - Asus - HP - Nokia - Samsung
Title : Perbedaan Anime dan Manga Tokyo Ghoul
Description : Perbedaan Cerita Anime dan Manga Tokyo Ghoul. Anime Tokyo Ghoul sebenarnya diadaptasi dari sebuah m...

2 Responses to "Perbedaan Anime dan Manga Tokyo Ghoul"

  1. enedingnya mirip tapi beda sedikit yah gan

    ReplyDelete
  2. setuju . kalo mau jelasnya baik liat manganya. animenya rasanya banyak yang kurang

    ReplyDelete

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.